57.683 Anak di Kabupaten Maros Terima Vaksin Polio

Najmi S Limonu
Selasa, 30 Jul 2024 11:57
57.683 Anak di Kabupaten Maros Terima Vaksin Polio
Bupati Maros AS Chaidir Syam memberikan vaksin polio kepada salah satu anak. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
MAROS - Sebanyak 57.683 anak di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan telah menerima vaksin polio tahap pertama pada Pekan Polio Nasional(PIN).

Angka tersebut melampaui target vaksin pada Pusdatin Kemenkes RI, yakni 57.063 anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr Muhammad Yunus mengatakan, jumlah tersebut membawa Kabupaten Maros pada posisi pertama cakupan PIN Polio se-Provinsi Sulawesi Selatan, dengan total cakupan mencapai 101 persen.

"Alhamdulillah, ini menjadi raihan yang luar biasa, dimana sebelumnya kita hanya berada di posisi 2,3 dan 5, sekarang berhasil meraih posisi pertama," katanya, Selasa (30/7/2024).

Dia mengatakan, keberhasilan Maros dalam mencapai target vaksin polio tidak lepas dari peran stakeholder yang turun tangan ke masyarakat.

"Hal ini bisa terwujud berkat dukungan Wakil Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK, para OPD, Camat, Lurah, Kades, tokoh masyarakat dan toko agama," ujarnya.

Dia menyebutkan, selain di posyandu, juga dilakukan strategi jemput bola ke sekolah hingga PAUD demi meberikan vaksin kepada anak 0-7 tahun.

"Ini semata-mata karena pemerintah dan masyarakat sama-sama mengingikan Maros bebas dari polio sehingga menjadi Kabupaten yang sehat dan respon KLB yang cepat," imbuhnya.

PIN polio tahap pertama dimulai 23 hingga 29 Juli kemarin. Selanjutnya tahap dua, akan dilaksanakan 6 hingga 12 Agustus.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru