Bupati Lutim Dukung Pembangunan Green Transmission SUTET 275 kV Wotu-Bungku

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 04 Agu 2024 12:56
Bupati Lutim Dukung Pembangunan Green Transmission SUTET 275 kV Wotu-Bungku
Bupati Lutim Budiman saat penyerahan izin penetapan lokasi pekerjaan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Green Transmission SUTET 275 kV Wotu-Bungku, belum lama ini. Foto/Dok PLN
Comment
Share
LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) siap mendukung pembangunan green transmission Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Wotu-Bungku. Hal itu ditegaskan langsung oleh Bupati Lutim, Budiman, saat penyerahan izin penetapan lokasi pekerjaan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut, belum lama ini.

Pembangunan infrastruktur kelistrikan itu dipercaya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lutim. Pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) tersebut saat ini sudah dalam tahap pra konstruksi.

“Kami selaku pemerintah daerah mendukung pelaksanaan proyek pembangunan ini karena nantinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Luwu Timur. Dengan adanya infrastruktur kelistrikan di daerah kami, harapannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peluang investasi sehingga membuka lapangan kerja untuk masyarakat," kata Budiman.

Ia melanjutkan Pemkab Lutim siap memberikan dukungan yang diperlukan oleh PLN di setiap tahapan penyelesaian pekerjaan tersebut.

"Kami berharap pembangunan infrastruktur ini berjalan lancar dan segera beroperasi sehingga listrik hijau dari PLTA Poso dapat disalurkan dan dirasakan oleh masyarakat dan industri yang ada di Luwu Timur," lanjutnya.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemkab Lutim. Terlebih disampaikan langsung oleh Bupati Budiman yang secara tegas menyatakan kesiapan men-support PSN.

“Terima kasih banyak kepada Pemda dan Bupati Luwu Timur yang siap membantu dan mengawal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Luwu Timur, terutama dalam hal pengurusan perizinan dan tantangan sosial yang ada di lapangan,” jelasnya.

Nur Akhsin menambahkan dukungan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan, mengingat infrastruktur ini merupakan tulang punggung kelistrikan untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk mendorong investasi di Sulawesi.

“Pekerjaan SUTET 275kV Wotu - Bungku saat ini dalam tahap pra konstruksi, PLN sedang mempersiapkan lahan untuk pembangunan tapak tower. Direncanakan total ada 536 tower transmisi yang akan dibangun dari Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku,” tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru