Program Kampung Alsintan untuk Pemerataan Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian di Lutra

fitra budin
Selasa, 13 Agu 2024 10:43
Program Kampung Alsintan untuk Pemerataan Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian di Lutra
Program ini merupakan implementasi dari aksi perubahan yang digagas oleh Mappasoba, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU UTARA - Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara kini menyediakan data layanan alat dan mesin pertanian (alsintan) melalui program inovatif bernama "Kampung Alsintan".

Program ini merupakan implementasi dari aksi perubahan yang digagas oleh Mappasoba, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara.

"Kampung Alsintan ini adalah solusi untuk memecahkan masalah tidak meratanya penggunaan alat dan mesin pertanian di Luwu Utara," ujar Mappasoba.

Menurutnya, Kampung Alsintan nantinya akan menjadi rujukan utama dalam perencanaan penyediaan alsintan di Dinas Pertanian Luwu Utara.



Selain menjadi rujukan pelaksanaan perencanaan, Kampung Alsintan juga akan berperan penting dalam pengadaan dan distribusi alat dan mesin pertanian, baik yang berasal dari APBD, APBD I, maupun APBN.

"Tujuan dari aksi perubahan ini adalah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan data layanan alsintan," tambahnya.

Melalui Kampung Alsintan, diharapkan efektivitas dan efisiensi kerja meningkat sehingga produktivitas pertanian menjadi lebih baik. Program ini memiliki tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang, yang dirancang agar aksi perubahan ini dapat berlangsung lama.

"Tujuan jangka pendeknya adalah tersedianya data layanan alsintan di Baebunta, sedangkan tujuan jangka menengahnya adalah tersedianya data layanan alsintan di lima kecamatan," jelas Mappasoba.



Kelima kecamatan yang dimaksud adalah Bonebone, Malbar, Sukamaju, Tanalili, dan Masamba, di mana kebutuhan alsintan akan dipetakan secara merata.

"Tujuan jangka panjang dari program ini adalah menjadikannya sebagai rujukan program perencanaan, pengadaan, dan pendistribusian alat dan mesin pertanian di Kabupaten Luwu Utara," pungkas Mappasoba.

Kampung Alsintan ini merupakan buah dari aksi perubahan yang dirancang oleh Mappasoba dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diselenggarakan oleh PPSDM Kemendagri Regional Makassar.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru