Akademisi Sebut Husniah-Darmawangsyah Punya Kans Menang di Gowa, Ini Pertimbangannya

Tim Sindomakassar
Jum'at, 13 Sep 2024 13:58
Akademisi Sebut Husniah-Darmawangsyah Punya Kans Menang di Gowa, Ini Pertimbangannya
Kekompakan dan soliditas tim yang terus ditunjukkan kubu pasangan Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin (Hati Damai), dinilai sebagai salah satu sinyal kuat dalam memenangkan Pilkada Gowa. Foto: Ist
Comment
Share
GOWA - Kekompakan dan soliditas tim yang terus ditunjukkan kubu pasangan Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin (Hati Damai), dinilai sebagai salah satu sinyal kuat dalam memenangkan Pilkada Gowa 2024.

Pengamat politik, Dr Syamsul Bahri menuturkan, jika kekuatan Husniah dan Darmawangsyah semakin solid, maka potensi memenangkan pertarungan semakin terbuka.



“Kedua figur ini punya basis dukungan yang berbeda dan tergolong militan. Jadi jika berhasil disatukan dan solid bergerak, tentu bisa mendulang dukungan yang signifikan,” urai Syamsul, akademisi STAI DDI Makassar dan Universitas Karya Dharma Makassar, Jumat (13/9/24).

Mantan aktivis UIN Alauddin Makassar ini menambahkan, selain basis dukungan yang berbeda dari Husniah dan DM, Hati Damai diusung oleh koalisi 7 parpol yang total suaranya menghampiri 59%. Sehingga bila dimaksimalkan, bukan tidak mungkin kemenangan duet ini bisa menembus angka 60%.

“Sepanjang basis dukungan ril kandidat dari berbagai komunitas dimaksimalkan, dan mesin parpol pengusungnya sangat solid, serta bergerak massif menjaga kantong-kantong suaranya, maka memungkinkan Hati Damai keluar sebagai pemenang Pilkada,” tambah Ancu, sapaan akrab Syamsul Bahri.

Ia menilai, sejauh ini, Hati Damai dan parpol koalisi pengusungnya semakin kompak jika dibandingkan kontestan lainnya. Ini tercermin dari konsolidasi dan pertemuan yang terus digenjot.

Selain itu, pasangan Hati Damai juga banyak didukung lintas tokoh berpengaruh di Gowa. Menurutnya, peran dan pengaruh tokoh di setiap kontestasi tidak bisa diabaikan. Apalagi mereka punya pengikut tersendiri, dan sebagian punya pemilih militan.

“Saya kira nilai plus bagi HT dan DM yang selama ini melakukan silaturahmi ke tokoh-tokoh berpengaruh di Gowa. Ini juga bisa menjadi penekanan kalau keduanya diterima semua lapisan, mulai dari elit hingga tingkat grassrot,” kuncinya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru