Pertamina Salurkan 150 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Maros

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 19 Sep 2024 16:05
Pertamina Salurkan 150 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Maros
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, melalui Aviation Fuel Terminal Hasanuddin menyalurkan 150 ribu liter air bersih untuk membantu warga menghadapi bencana kekeringan di Maros. Foto/IST
Comment
Share
MAROS - Selama tiga bulan terakhir, delapan desa di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, telah mengalami kekeringan yang parah. Berdampak terhadap 16.169 jiwa yang kesulitan mengakses air bersih. Banyak warga terpaksa mengambil air dari sumber yang jauh atau membelinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Merespons bencana kekeringan itu, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, melalui Aviation Fuel Terminal Hasanuddin, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros bergerak cepat menyalurkan bantuan air bersih.

Aviation Fuel Terminal Manager Hasanuddin, Abdul Muis, menjelaskan bantuan air bersih disalurkan dalam periode lima hari. Totalnya mencapai 150 ribu liter air bersih.

"Kami mengirimkan 30 mobil tangki berkapasitas 5.000 liter secara bertahap dari tanggal 12 hingga 17 September 2024, dengan total 150.000 liter untuk masyarakat di delapan desa tersebut," ujar Abdul.

Ia menambahkan penentuan lokasi dan pengiriman bantuan dilakukan secara kolaboratif dengan BPBD Kabupaten Maros, yang melakukan pemetaan kebutuhan. "Hal ini memastikan bantuan yang kami berikan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menekankan bantuan ini adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang terdampak.

"Sebagai BUMN, kami berkomitmen untuk berkontribusi membantu masyarakat dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam menanggulangi bencana," ungkap Fahrougi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Maros, Towadeng, mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi inisiatif PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi dalam memberikan bantuan air bersih tersebut. "Tentunya bantuan ini sangat membantu tugas kami dalam menanggulangi bencana yang di masyarakat," ujar Towadeng.

Camat Bontoa, Baso, turut memberikan apresiasi serupa. Mewakili warga dan pemerintah setempat, dirinya mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi.

Berkat bantuan air yang diberikan oleh PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, ia menyebut kebutuhan air bersih sehari-hari masyarakat dapat tercukupi sehingga dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat.

"Semoga hubungan baik ini dapat terus terjalin dengan baik bersama PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi sehingga kita dapat mendukung kesejahteraan masyarakat yang lebih baik," tutup Baso.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru