Debat Kandidat Pilkada Bantaeng Digelar di Makassar, KPU: Bukan Alasan Keamanan

bahar karibo
Senin, 21 Okt 2024 16:23
Debat Kandidat Pilkada Bantaeng Digelar di Makassar, KPU: Bukan Alasan Keamanan
Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh. Foto: Istimewa
Comment
Share
BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng akhirnya memutuskan pelaksanaan debat kandidat Bupati dan Wakil Bupati di Kota Makassar. Debat tersebut direncanakan berlangsung dua kali.

Ketua KPU Bantaeng Muhammad Saleh menjelaskan, pelaksanaan debat kandidat di Makassar lantaran pertimbangan efisiensi anggaran. Pasalnya mobilisasi alat dari lembaga penyiaran ke Bantaeng cukup mahal.

Dikatakan Muhammad Saleh, lokasi debat kandidat tidak mesti dilakukan di Bantaeng. Begitu juga sebaliknya, tidak ada yang melarang jika debat tersebut digelar di luar Bantaeng.

"Sebenarnya kan tidak ada kewajiban bahwa debat itu harus di Bantaeng, hanya karena pertimbangan efisiensi," kata Muhammad Saleh, Senin (21/10/2024).

Menurutnya, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye disebutkan lokasi debat diutamakan di wilayah provinsi atau kabupaten/kota masing-masing. Jadi pelaksanaan debat itu berdasarkan PKPU tidak dilarang digelar di luar daerah.



"Semata-mata pertimbangan efisiensi anggaran yang dibutuhkan, sehingga diputuskan harus di Makassar," katanya lagi.

Selain itu, Muhammad Saleh juga menepis adanya spekulasi yang menyebutkan debat kandidat di Makassar dengan alasan keamanan yang tidak kondusif. Menurutnya, hingga saat ini selama kampanye berlangsung kondisi Bantaeng tetap aman dan terkendali.

"Bagi kami Bantaeng tetap aman, jadi bukan alasan keamanan, sehingga debat digelar Makassar," kata Muhammad Saleh.

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi Forkopimda yang berlangsung di Hotel Pantai Marina pekan lalu, Badan Intelijen Negara (BIN) melaporkan bahwa pilkada Bantaeng tidak masuk zona merah. BIN menganggap stabilitas keamanan di daerah ini relatif masih aman dan terkendali.

Debat kandidat berlangsung dua kali. Pertama pada Sabtu 26 Oktober 2024. Awalnya debat pertama tersebut dilangsungkan di Hotel Four Point Makassar, namun karena jadwal di hotel tersebut penuh, maka debat pindah ke Novotel. Kemudian debat ke-2 berlangsung 16 November 2024 di tempat yang sama.



Sedangkan durasi debat berlangsung selama 180 menit. Adapun tema debat yakni "Peningkatan Kesejahteraan Melalui Pelayanan Publik yang Aksesibel dan Responsif dalam Memperkokoh NKRI".

Bagi tim paslon, KPU membatasi jumlah peserta yakni setiap tim hanya berjumlah 75 orang. Sedangkan KPU sendiri akan mengundang unsur pemerintah, akademisi, profesional, Bawaslu, Media, serta penyandang disabilitas.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru