DTKS Maros Diperbaharui Agar Bantuan Sosial Tepat Sasaran

Najmi S Limonu
Selasa, 28 Mar 2023 15:52
DTKS Maros Diperbaharui Agar Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Wakil Bupati Maros, Suhartina saat menghadiri Rapat evaluasi dan monitoring verifikasi dan validasi DTKS, di Baruga A Kantor Bupati Maros, Selasa (28/3/2023). Foto: SINDO Makassar/Najmi Limonu
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melakukan verifikasi Pembaruan data kependudukan dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), agar bantuan sosial bisa lebih tepat sasaran.

Wakil Bupati Maros, Suhartina berharap dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kualitas DTKS. Sehingga menjadikan bantuan sosial yang diberikan kemasyarakat tepat sasaran.



"Kami berharap masyarakat Maros bisa sejahtera. Meskipun bertahap semoga selalu ada pengurangan pada angka kemiskinan kita," ujarnya.

Dia juga mengungkap rasa terima kasihnya, kepada fasilitator dan supervisor yang telah turun langsung ke lapangan mengumpulkan data.

Beberapa indikator akan dijadikan acuan dalam mengelompokkan kategori miskin, sangat miskin, tidak mampu dan rentan.

"Semoga bantuan sosial bisa sampai pada yang benar-benar membutuhkan. Dan beberapa Penerima Bantuan yang telah merangkak sejahtera bisa dikeluarkan dari daftar penerima manfaat," pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Maros, Nuryadi mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya dalam menekan angka kemiskinan.



"Ini juga sebagai upaya menekan angka kemiskinan," kata Nuryadi pada Rapat evaluasi dan monitoring verifikasi dan validasi DTKS, di Baruga A Kantor Bupati Maros, Selasa (28/3/2023).

Nuryadi menjelaskan, ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS. Seperti sosialisasi pemutakhiran, dan bimbingan teknis telah berlangsung.

"Tahapannya sementara berlangsung, kami targetkan selesai pada Juni mendatang," ujarnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinsos kata Nuryadi, tercatat sekitar 182.601 individu DTKS yang harus dimutakhirkan pada 2023 ini.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru