Perindo Sulsel Siapkan Formula Hadapi Sistem Pemilu Tertutup

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 09 Jun 2023 19:09
Perindo Sulsel Siapkan Formula Hadapi Sistem Pemilu Tertutup
Ketua DPW Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan saat menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU Sulsel. Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Perindo Sulsel sangat siap menghadapi sistem Pemilu 2024 bagaimana pun sistemnya. Apakah secara terbuka atau tertutup, tergantung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nantinya.

Ketua DPW Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan formula terbaik bila nantinya Pemilu 2024 memang benar-benar dilaksanakan secara tertutup. Ini sebagai langkah antisipasi sejak awal.

"Perindo sejak awal mengantisipasinya dengan kebijakan dana kompensasi bagi caleg. Pembentukan DPRt berbasis TPS yang akan digerakkan dalam proses sosialisasi pada masa kampanye," katanya.



Sanusi menuturkan, Caleg yang terbukti bekerja hingga mampu membawa Perindo memperoleh kursi di Dapilnya, maka biaya pengeluarannya akan diganti. Semuanya ada dalam peraturan organisasi partai Perindo.

"Kalau kita memperoleh kursi di Dapil tersebut, Caleg yang urutan selanjutnya memperoleh suara yang banyak pasti ada kompensasinya, tapi ada hitung-hitungnya," jelasnya.

Perindo Sulsel mengajukan 85 Bacaleg di 11 Dapil untuk kursi DPRD Provinsi. Keterwakilan 30 persen perempuan dipenuhi partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini.

"Kami sudah penuhi keterwakilan 30 persen. Ada 31 perempuan yang kami daftarkan. Bahkan di beberapa Dapil melebihi syarat 30 persen," ujarnya.

Sanusi melanjutkan, partainya tak mau muluk-muluk memberikan target di Pileg 2024. Perindo kata dia, optimis bisa mendudukkan 6 kader di DPRD Sulsel.

"Kami realistis, melihat kondisi yang ada dengan komposisi Bacaleg. Paling tidak bisa membentuk satu fraksi, ya kita bisa raih 5 sampai 6 kursi," paparnya.



Ketua Bappilu Perindo Makassar, Muhammad Askar menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan aturan bila Pemilu digelar secara tertutup. Pada intinya semua Caleg bisa menerima apapun hasil yang diraih nanti.

“Artinya, Caleg yang berkompetisi tidak akan dicederai. Kalau sistemnya tertutup, maka kita sudah instruksikan mesin partai untuk bekerja maksimal mencari suara,” ungkapnya

Askar melanjutkan, Perindo akan memilih suara terbanyak Caleg untuk dilantik. Jika mencoblos gambar partai, maka harus ada laporan dari setiap Bacaleg sejauh mana kontribusinya.

“Kami akan meminta laporan dari kerja-kerja tim mereka. Nanti kita akan lihat dan bandingkan dengan suara yang kita raih di Dapil itu,” kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru