24 Guru Parepare Terima Penghargaan Dewan Pendidikan

Darwiaty Dalle
Minggu, 18 Jun 2023 17:26
24 Guru Parepare Terima Penghargaan Dewan Pendidikan
Penyerahan penghargaan oleh Dewan Pendidikan Parepare pada puluhan guru dari seluruh tingkatan pendidikan yang ada di Parepare. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Dewan Pendidikan Kota Parepare menggelar Malam Anugerah Pendidikan yang ditujukan kepada kepala sekolah dan guru terfavorit di Parepare.

Ketua Dewan Pendidikan Parepare Parman Farid mengatakan, anugerah kepada kasek dan guru terfavorit untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, maupun SMA/SMK atau sederajat, dilakukan untuk memotivasi guru agar memperkuat hubungan sosial kemasyarakatannya.

"Kalau selama ini sudah banyak penghargaan yang dilakukan seperti guru dan kepala sekolah berprestasi, inovatif, inspiratif, nah muncul pemikiran bagaimana memberikan penghargaan kepada guru dan kepsek terfavorit," ujar Parman yang dihubungi, Minggu, (18/6/2023).



Mantan Ketua KONI Parepare ini menjelaskan, untuk anugerah ini diambil dari polling terbanyak pilihan masyarakat.

"Pemilihan kepsek dan guru terfavorit ini kita lempar ke masyarakat melalui poling untuk mengetahui sosok guru dan kepala sekolah apa yang disenangi oleh masyarakat. Kita berharap bahwa bagaimana kepsek dan guru bermasyarakat dengan orang tua siswa. Jika disukai pasti dipilih melalui polling itu," paparnya.

Dia mengungkapkan dari polling yang masuk, ada sebanyak 6 sampai 7 ribuan kliker.



"Nama-nama yang kita munculkan dalam poling adalah permintaan dari Dinas Pendidikan yang dianggap layak dilempar kepada masyarakat agar masyarakat memilihnya," lanjut dia.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris menyampaikan apresiasi atas inovasi Dewan Pendidikan memberikan pengharhaan kepada guru dan kepsek terfavorit.

"Terima kasih Dewan Pendidikan, kegiatan ini meski sederhana tapi maknanya sangat luar biasa," sambung dia.



Pada kesempatan itu Arif, mantan guru senior ini juga menceritakan pengalamannya saat menjadi guru sebagai motivasi bagi guru untuk terus mengupgrade pengetahuan dan menjadi guru profesional.

"Sebagai pelayan siswa, maka malam anugerah ini menjadi bukti anda memiliki dua kompetensi yaitu kepribadian dan kompetensi sosial. Sosial dan kepribadian yang bagus sehingga dipilih oleh masyarakat," kata dia.

Menurutnya, tantangan terbesar menjadi guru adalah peofesional dan inovatif. Upgrade ilmu agar tidak tertinggal dengan zaman sehingga pelayanan maksimal. Wali Kota Parepare melalui Asisten III Pemkot Parepare, Eko W Ariyadi juga berpesan agar guru dapar menjalankan fungsi dan perannya sebagai motivator.



"Tidakkah kita ingin diingat menjadi guru yang menginspirasi siswa-siswa kita walau mereka nanti sudah berstatus alumni. Fungsi dan peran kita sebagai guru favorit bagaimana memotivasi murid kita," pesan dia.

Eko mengajak agar para guru meliterasi diri sebagai guru. Karena menurutnya, kesuksesan para guru karena ada suport dari orang lain. Prestasi apapun yang kita raih tidak terlepas peran dari orang lain.

"Jaga amanah sebagai guru, jalankan tugas dengan baik, pahami apa yang menjadi kewajiban. Upgrade diri kita msing-masing," tandasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru