Kepala BKKBN Sulsel Harap Dukungan Pembentukan dan Pengelolaan Kampung KB

Tim Sindomakassar
Rabu, 26 Jul 2023 13:07
Kepala BKKBN Sulsel Harap Dukungan Pembentukan dan Pengelolaan Kampung KB
Orientasi Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) tingkat provinsi akhir pekan lalu. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - BKKBN Sulsel menyelenggarakan Orientasi Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) tingkat provinsi di Hotel Almadera, Kota Makassar akhir pekan lalu. Orientasi diselenggarakan selama tiga hari secara hybrid.

Peserta kegiatan luring berjumlah 75 orang, terdiri dari unsur OPD KB kabupaten dan kota, kepala desa atau lurah, serta penyuluh KB dan petugas lapangan KB.

Kegiatan ini secara umum bertujuan memfasilitasi pengelola Kampung KB dan stakeholder di tingkat kabupaten dan kota terkait penyelenggaraan Kampung KB.



Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin mengatakan, Kampung KB diharap dapat berkontribusi dalam pembangunan SDM yang berkualitas melalui penanggulangan stunting, penurunan angka kematian ibu hamil/melahirkan dan kematian bayi, menurunkan angka unmet need, meningkatkan kepesertaan KB, serta menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

Sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, 2024 Kampung KB sudah harus terbentuk di seluruh desa dan kelurahan.

Perwakilan BKKBN Sulsel ditargetkan membentuk 2.283 Kampung KB di 2023 atau sekitar 75 persen dari jumlah desa dan kelurahan di Sulsel.



Sementara itu, berdasarkan tarikan data dari website Kampung KB di Bulan Juli, jumlah Kampung KB yang telah dicatat dan dilaporkan sebanyak 1910 sehingga masih harus dibentuk 373 Kampung KB untuk mencapai target 2023.

Oleh karena itu Shodiqin mengharapkan dukungan peserta kegiatan dalam pembentukan dan pengelolaan Kampung KB. Tak lupa ia berpesan agar terbentuknya Kampung KB dilanjutkan dengan pencatatatan dan pelaporan kegiatan pada New Siga dan Website Kampung KB.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru