Kloter 40 Tiba di Tanah Air, Satu Jemaah Asal Jeneponto Meninggal Dunia

Najmi S Limonu
Selasa, 01 Agu 2023 20:30
Kloter 40 Tiba di Tanah Air, Satu Jemaah Asal Jeneponto Meninggal Dunia
Seorang Jemaah haji Kloter 40 yang tiba di Debarkasi Makassar. Jemaah haji ini didominasi dari kabupaten Wajo dan Jeneponto akhirnya tiba di Tanah Air, Selasa, (1/8/2023). Foto: Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Jemaah haji Kloter 40 yang mengangkut jemaah haji dari kabupaten Wajo dan Jeneponto akhirnya tiba di Tanah Air, Selasa, (1/8/2023). Mereka dipulangkan ke tanah air menggunakan Pesawat Garuda GIA-1238 yang mengangkut jemaah dari Madinah tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 09.46 Wita, cepat 29 menit dari jadwal seharusnya. Selanjutnya jemaah tiba di Aula Arafah Asrama Haji Makassar sekitar Pukul 10.40 Wita.


Jemaah kloter 40 yang kembali ke Tanah Air berjumlah 389 jemaah. Kloter 40 didominasi jemaah asal Jeneponto sebanyak 339 orang, Kabupaten Wajo 26 orang, Kota Makassar 19 orang, petugas dan Paramedis. Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Wahyuddin Hakim mengatakan, awalnya, kloter 40 berjumlah 393 orang mamun satu orang jemaah asal Jeneponto Saharia Sidang Daggang meninggal di Arab Saudi. Selain itu, ada satu jemaah asal Jeneponto, Baso Palawa Panyongko tengah dirawat di ICU King Abdul Aziz Hospital. Kemudian dua jemaah mutasi keluar atas nama Nursiah Borahima Baso ke Kloter 6 dan Dahliah Hamid Malik ke kloter 38. Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Wahyuddin Hakim menyebutkan, hingga hari ini sudah ada 15.636 jemaah Debarkasi Makassar yang tiba di Tanah Air. "Alhamdulillah jemaah yang telah sampai melalui Debarkasi Makassar dalam keadaan sehat," ujarnya. Dia menyebutkan, hingga saat ini jemaah haji yang meninggal dunia mencapai 51 orang. "50 orang meninggal di Arab Saudi, satu lainnya saat perjalanan pulang, kita doakan seluruh jemaah yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah," tambahnya. Dia menyebutkan, total jemaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar berjumlah 16.888 jemaah. Masih ada 3 kloter tersisa yang dijadwalkan tiba hingga 3 Agustus mendatang.


"Masih ada 3 kloter yang akan tiba hingga 3 Agustus mendatang ada pula tambahan 23 jemaah melalui Embarkasi Kalimantan insyaallah akan tiba 4 Agustus mendatang," tutupnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru