Resmi Koalisi, Golkar & PAN di Sulsel Harap Jatah Cawapres ke Prabowo

Ahmad Muhaimin
Senin, 14 Agu 2023 12:09
Resmi Koalisi, Golkar & PAN di Sulsel Harap Jatah Cawapres ke Prabowo
Empat Ketum Parpol resmi menyatakan koalisi di Pilpres 2024. Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Golkar dan PAN akhirnya mengambil sikap di Pilpres 2024. Keduanya kompak bergabung dalam koalisi Gerindra dan PKB untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres.

Golkar dan PAN mantap melakukan penandatanganan kerjasama politik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Hadir dalam pertemuan ini masing Ketum Parpol yakni Prabowo, Abdul Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan dan Airlangga Hartarto.

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Andi Marzuki Wadeng tak kaget DPP Golkar merapat ke Prabowo. Menurutnya tanda-tanda itu sudah terlihat pada pertemuan 38 DPD I Golkar Provinsi se-Indonesia.

“Memang hasil rakernas terakhir dan ketua-ketua DPD itu sudah mengamanahkan kepada beliau untuk menentukan cawapres, capres,” kata Marzuki pada Ahad (13/8) kemarin.



Marzuki berharap, Prabowo bisa menggandeng Airlangga Hartarto sebagai Cawapres. Menurutnya perolehan kursi di DPR RI bisa menjadi nilai tawar dan keunggulan bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

“Partai Golkar tentu menginginkan Airlangga Hartarto jadi cawapresnya. Kami di DPR RI lebih banyak dari mereka, bahkan kita lebih unggul dibandingkan dengan Gerindra. Tentu dengan demikian, populasi suara seluruh Indonesia juga paling besar,” ujarnya.

Mantan anggota DPRD Sulsel ini melanjutkan, DPD I siap menindaklanjuti apapun instruksi DPP dalam pemenangan Pemilu 2024. Termasuk mulai melakukan sosialisasi kepada Prabowo Subianto sebagai Capres.

“Sebagai kader kita berharap Ketum diambil jadi cawapres. Kita berharap setelah ini ada tindak lanjut ketua di Sulsel, untuk mensosialisasikan dan melakukan langkah strategis pemenangan,” bebernya.

Bendahara DPW PAN Sulsel, Syamsuddin Karlos mengapresiasi langkah DPP memberikan dukungan kepada Prabowo. Apalagi menurutnya, partainya sudah pernah berjuang bersama di Pilpres 2014 dan 2019.

“Kami sudah tidak asing lagi sama Pak Prabowo, kami bahkan sudah dua kali mendukung beliau di Pilpres dan kalah. Tapi kali ini, kami yakin beliau pasti menang,” jelasnya.



Anggota DPRD Sulsel ini juga mendorong agar Prabowo bisa mengambil Erick Thohir sebagai pendampingnya. PAN memang selama ini mendorong Menteri BUMN itu sebagai Cawapres.

“Betul, kami berharap agar Pak Prabowo bisa menggandeng Pak Erick Thohir sebagai Cawapres. Kami harapkan itu,” jelasnya.

PKB dan Gerindra sendiri telah lama tergabung dalam KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya). Dengan ini, Prabowo sudah mendapat dukungan dari lima partai termasuk Golkar, PAN dan PSI.
(UMI)
Berita Terkait
Abdillah Natsir Kantongi 4 Rekomendasi, 3 Berpaket AJB di Pilkada Pinrang 2024
Sulsel
Abdillah Natsir Kantongi 4 Rekomendasi, 3 Berpaket AJB di Pilkada Pinrang 2024
Bakal calon Wakil Bupati Pinrang, Abdillah Natsir makin percaya diri mendampingi Ahmad Jaya Baramuli sebagai Calon Bupati di Pilkada 2024. Apalagi ia telah menerima rekomendasi pasangan dari sejumlah parpol.
Kamis, 04 Jul 2024 21:29
Hengky Yasin Sebut Pertemuan Bareng Zulham Tak Bahas Paket Pilkada Takalar
Sulsel
Hengky Yasin Sebut Pertemuan Bareng Zulham Tak Bahas Paket Pilkada Takalar
Pertemuan yang dikemas dalam bentuk silaturahmi antara Bakal calon Bupati Takalar, Hengky Yasin bersama Hamka B Kady (HBK) dan Lumkan B Kady (LBK), pada Sabtu, 29 Juni 2024 lalu, sama sekali tidak membahas paket di Pilkada.
Kamis, 04 Jul 2024 10:34
Golkar Siapkan Mashur Lawan Syahar di Pilkada Sidrap 2024
Sulsel
Golkar Siapkan Mashur Lawan Syahar di Pilkada Sidrap 2024
Bakal calon Bupati Sidrap, Mashur Bin Mohd Alias resmi menjadi kader Partai Golkar. Hal itu ditandai saat Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe mengenekan jas dan memberikan kartu tanda anggota (KTA) Golkar kepada Haji Mashur.
Kamis, 04 Jul 2024 09:00
PKS Serahkan Rekomendasi Paket Uji-Sahabuddin di Pilkada Bantaeng 2024
Sulsel
PKS Serahkan Rekomendasi Paket Uji-Sahabuddin di Pilkada Bantaeng 2024
PKS akhirnya merestui pasangan Fathul Fauzi Nurdin-Sahabuddin di Pilkada Bantaeng 2024. Restu itu dibuktikan dengan penyerahan rekomendasi pasangan untuk paket ini.
Rabu, 03 Jul 2024 14:31
Terima Surat Tugas Demokrat, Mitra Cukupkan Koalisi di Pilkada Enrekang 2024
Sulsel
Terima Surat Tugas Demokrat, Mitra Cukupkan Koalisi di Pilkada Enrekang 2024
Bakal Calon Bupati Enrekang, Mitra Fakhrudin MB menerima surat tugas dari Partai Demokrat untuk maju di Pilkada pada Senin (01/07/2024). Hal ini menjadi tambahan kekuatan bagi Mitra.
Senin, 01 Jul 2024 22:22
Berita Terbaru