Puncak HUT RI ke-78, Bupati dan Muspida Silaturahmi dengan Para Legiun Veteran

Chaeruddin
Kamis, 17 Agu 2023 22:07
Puncak HUT RI ke-78, Bupati dan Muspida Silaturahmi dengan Para Legiun Veteran
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang bersama Muspida Silaturahmi dengan para Legiun Veteran. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Pengibaran bendera merah putih menjadi puncak acara dan kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Acara tahunan ini dipusatkan di Kabupaten Luwu dipusatkan di Lapangan Andi Djemma Belopa. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Luwu, H Basmin Mattayang.

Seluruh Muspida Kabupaten Luwu hadir serta seluruh jajarannya, para anggota DPRD Luwu, Kasat Polres Luwu, Kasi Kejari, para kepala dinas dan kepala badan, pimpinan BUMN, organisasi dan lembaga pemerintah, KPU dan Bawaslu serta pimpinan partai politik.

Tidak kurang seratusan pejuang RI asal Tana Luwu yang tergabung dalam Legiun Veteran ikut duduk di Tribun Langan Andi Djemma mengikuti pengibaran bendera merah putih hingga usai.

Usia pengibaran bendera merah putih, Bupati Luwu, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari dan Kasdim Kodim 1403 Palopo, Sekda Luwu, melakukan dialog serta membagikan souvenir kepada para Legiun Veteran.



"Mudahan-mudahan kita yang hadir merenungkan kembali betapa sedih perjuangan saat itu, perjuangan orang tua kita, termasuk para veteran yang ada di hadapan kita saat ini," ujar Basmin.

"Mereka berjuang mengorbankan segalanya, meninggalkan anak dan istri, mereka berjuang penuh air mata bahkan tetesan darah. Kita harus melihat sisi itu, sehingga kita terpanggil dan malu ketika kita hidup di masa kemerdekaan kemudian kita hanya berpangku tangan, menjadi penerus yang malas gerak," serunya.

Sebagai kepala daerah, Basmin menyampaikan terimakasih atas jasa-jasa para veteran di masa perjuangan. Sebagai pemerintah, dirinya pula menyampaikan permohonan maaf, jika belum mampu memberikan yang terbaik kepada mereka para veteran dan untuk Kabupaten Luwu.

Badaruddin salah seorang Veteran yang hadir menegaskan tekad perjuangan mereka tidak berhenti di usia senja. "Kami berjuang tanpa akhir, kami legiun veteran selalu siap melanjutkan perjuangan bangsa dan kami tidak mengenal kata akhir perjuangan," tegasnya.

Usai upacara HUT Kemerdekaan RI juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada anggota Satlinmas atas pengabdian kepada negara dan pemerintah dengan penuh kesetiaan, kejujuran dan disiplin. Tentunya dalam membantu penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat di desa secara terus menerus paling singkat 10 dan 20 tahun.

Mereka yang mendapat penghargaan, Sahido Bandaso, anggota Satlinmas Desa Lamunre dengan masa pengabdian 20 tahun dan Rusman, anggota Satlinmas Desa Lamunre dengan masa pengabdian 10 tahun.

Selanjutnya, penyerahan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk ahli waris Korpri non ASN, petugas keagamaan, aparat desa dan petugas rentan, secara simbolis.

Penyerahan piagam dan hadiah kepada pemenang lomba inovasi daerah tingkat OPD dan Puskesmas se-Kabupaten Luwu tahun 2023.

Masing-masing untuk tingkat OPD se-Kabupaten Luwu ialah juara 1 RSUD Batara Guru dengan inovasi "Pangantara Pijampi" yakni sistem layanan antar obat gratis tanpa perlu antri.

Juara 2 Dinas PUTR Kabupaten Luwu dengan inovasi "RIDM" yakni Realtime, Infrastrukture, Development, Monitoring. Juara 3 BKPSDM Kabupaten Luwu dengan inovasi Sinona yakni Sistem Informasi Non ASN.


Sementara itu tingkat Puskesmas, se-Kabupaten Luwu, juara 1 Puskesmas Larompong dengan inovasi Laskar ke Sorga atau Larompong Sehat karena Kesehatan dan Olahraga.

Juara 2 Puskesmas Walenrang Timur dengan inovasi Gerakan Daring Bikatkur yakini gerakan Sadar Stinting Bina Kader Agar Tepat Ukur dan juara 3 Puskesmas Barana Belopa

Juga dilaksanakan penyerahan sertifikat PTSL dan Badan Milik Negara yakni sertifikat Kantor Desa Taramatekkeng, Masjid Al Hikmah Desa Taramatekkeng, sertifikat rumah tinggal Desa Taramatekkeng, sertifikat pekarangan warga atas nama Marhadi alamat Desa Tabbaja, sertifikat hamparan sawah di Desa Pasamai dan 41 sertifikat aset Pemkab Luwu lainnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru