Survei IPI, Appi Diunggulkan dari 12 Nama di Pilwalkot Makassar 2024

Ahmad Muhaimin
Senin, 20 Feb 2023 08:00
Survei IPI, Appi Diunggulkan dari 12 Nama di Pilwalkot Makassar 2024
Ketua DPD II Golkar Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) bersama pengurusnya. Foto: Muhaimin/Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Ketua DPD II Golkar Makassar, Munafri Arifuddin unggul dalam hasil survei yang dilakukan oleh PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI). Survei ini dilaksanakan pada Februari 2023.

"Survei dilaksanakan dari 4 sampai 12 Februari 2023, dengan sampel responden 440 sampel. Menggunakan metodelogi multistage random sampling acak berjenjang. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 4,8 persen," kata Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir.

Appi sapaan Munafri sementara memimpin perolehan elektabilitas dengan presentase 24,1 persen. Disusul Eks Cawalkot Makassar Irman Yasin Limpo dengan 16,2 persen dan eks Wawali Makassar Syamsu Rizal 13,0 persen.

Kemudian Wawali Makassar Fatmawati Rusdi 13,0 persen, Ketua Nasdem Makassar, Andi Rachmatika Dewi 7,9 persen. Ketua DPRD Makassar Rudianto lallo 4,6 persen, lalu Rusdin Abdullah 2,8 persen.



Selanjutnya, Abd Rahman Bando sebesar 2,3 persen. Andi Bukti Djufri 1,4 persen. Berikutnya Fadli Ananda dan Prof Yusran Yusuf sama-sama 0,9 persen. Hamzah Ahmad dan Yasir Mahmud 0,5 persen, sementara yang tidak jawab masih ada 12,0 persen.

"Pilwalkot Makassar akan berjalan ketat, karna elektoral figur-figur tidak selisih terlalu jauh. Artinya mereka masih sangat mungkin saling menyalip elektabilitas menuju 2024," ujar Suwadi.

Dia melanjutkan, pada hasil surveinya sejumlah nama-nama baru sudah muncul. Seperti Rudianto Lallo yang digadang-gadang akan maju di Pilwalkot Makassar. Lalu Andi Bukti, Hamzah Ahmad dan Yasir Mahmud.

"Tapi sebenarnya ini masih sedikit nama-nama baru terekam, karen belum banyak yang muncul. Tapi kalau dilihat, mereka punya awal bagus, karena belum bekerja, sudah muncul namanya," bebernya.

Sebaliknya lanjut Suwadi, sejumlah figur lama kalau dilihat hasil surveinya, belum aman. Meski elektabilitasnya masih unggul dibanding figur lama.

"Kalau dicermati, figur-figur lama juga belum aman. Karena survei elektabilitasnya tidak terpaut jauh dengan wajah-wajah baru. Tugas mereka ialah meningkatkan elektabilitas sejauh mungkin dari figur baru," kuncinya.



Wakil Ketua Bappilu Golkar Makassar, Abd Wahab Tahir mengapresiasi hasil survei yang dilakukan PT IPI. Beringin memang sedang mempersiapkan Appi untuk maju lagi di Pilwalkot Makassar 2024.

"Alhamdulillah kalau hasil survey seperti itu kami hormati dan sangat menghargai sebagai produk akademik. Hal itu akan menjadi cerminan untuk melangkah lebih jauh hari ini dan ke depannya," ungkapnya.

Anggota DPRD Makassar tiga periode ini menilai, unggulnya Appi ialah bukti diterimanya figur Golkar Makassar itu di tengah masyarakat. Apalagi mantan CEO PSM itu sudah punya pengalaman di Pilwalkot 2018 dan 2022.

"InsyaAllah kepercayaan rakyat Kota Makassar tidak akan kami sia-siakan. Mari bung rebut kembali kemenangan di Kota Makassar," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru