Pembangunan Bendungan Pammukkulu Sudah 80 Persen

Gusti Ridani
Sabtu, 14 Okt 2023 19:59
Pembangunan Bendungan Pammukkulu Sudah 80 Persen
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin meninjau pembangunan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar. Foto: Istimewa
Comment
Share
TAKALAR - Pembangunan Bendungan Pammukulu di Kabupaten Takalar kini sudah mencapai 80 persen. Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dibangun dengan dua paket pengerjaan.

Progres ini diketahui saat Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengunjungi bendungan ini, Sabtu (14/10/2023). Dalam kunjungan ini, Bahtiar memastikan terkait dengan penyelesaian dan apa saja hambatan proyek tersebut.

Bahtiar juga mempertanyakan terkait dengan jumlah pekerja dan berapa persen melibatkan tenaga kerja lokal untuk membangun di proyek tersebut. Ia juga memastikan setelah bendungan ini selesai, nantinya tanaman yang berada di sekitarnya harus memberikan nilai tambah.

"Kalau bisa tanaman nilai tambah, seperti buah-buahan, terserah seperti nangka madu, karena nilainya cukup besar," jelasnya.



Tanaman nangka madu Thailand, menurut Bahtiar, cocok ditanam di sekitar Bendungan Pammukkulu, serta memiliki hasil menjanjikan. Per satu hektare, kata dia, bisa menghasilkan puluhan sampai ratusan juta tiap panennya.

"Nangka madu itu bisa ratusan juta kalau per satu hektar hasilnya," lanjutnya.

Sepanjang tidak mengubah status lahan dari kehutanan menjadi lahan pribadi, kata Bahtiar, tidak masalah.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jenebarang Djaya Sukarno menjelaskan, pembangunan proyek ini sempat terhenti karena masalah pembebasan lahan. Akan tetapi, permasalahan lahan 95 persen telah selesai.



"Sejauh ini, sudah tidak ada kendala semua berjalan sesuai dengan perencanaan," sebut Djaya Sukarno.

Adapun progres pembangunan Bendungan Pammukulu telah mencapai 80 persen, dengan dua paket pengerjaan. Djaya menambahkan, untuk peresmiannya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru