Komisaris Bank Mandiri Bicara Ekonomi Politik Era Digital di UIN Alauddin

Luqman Zainuddin
Selasa, 21 Nov 2023 07:58
Komisaris Bank Mandiri Bicara Ekonomi Politik Era Digital di UIN Alauddin
Komisaris Independen Bank Mandiri, Andrinof A Chaniago (dua dari kiri) jadi pembicara utama di UIN Alauddin. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat mengadakan Seminar Nasional di Auditorium FEBI Kampus II UIN Alauddin Makassar, Senin (20/11/2023).

Acara ini bertajuk Ekonomi Politik di Era Digital: Sinergi Operasi Milenial Sektor Perbankan dan Potensi Halal Center sebagai Pusat Inovasi dan Pertumbuhan UMKM Berkelanjutan di Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber utama Komisaris Independen Bank Mandiri, Andrinof A Chaniago dan Ketua Lembaga Pemeriksa Halal UIN Alauddin, Dr. Cut Muthiadin.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr Muhaimin M Th I mengatakan, seminar ini langkah baru yang menjadi loncatan Prodi untuk lebih maju.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meenjelaskan, Ekonomi Politik di era digital perlu menjadi perbincangan karena era 4.0 sesungguhnya era mesin. Dia juga mengatakan, Ekonomi sekarang ini beririsan dengan ideologi keagamaan.

Sementara Andrinof A Chaniago dalam materinya mengatakan, generasi milenial saat ini menempuh dunia pendidikan di perguruan tinggi, harus menguasai skill teknis untuk menghadapi dunia kerja di era digital.

"Kita harus mempersiapkan diri di era digital, caranya generasi millenial perlu memahami skill teknis, dengan memanfaatkan IT, kalau tidak dapat memanfaatkan teknologi, nanti kerjanya yah hanya butuh tindakan manual saja, dengan upah mendekati UMR. Ini bagi individu bagi adek mahasiswa calon sarjana," kata dia, seperti dalam siaran pers yang diterima.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS (2014-2015)menuturkan tantangan ekonomi politik. Menurutnya, Mahasiswa harus menyiapkan skill yang dibutuhkan zaman.

Kemudian, lanjut Andrinof membangun karakter etos kerja, semangat kerja integritas kejujuran networkin dan kemampuan berkomunikasi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru