Himpunan Mahasiswa Polipangkep Terima Penghargaan Ormawa Pelaksana P2MD Terbaik

Tim Sindomakassar
Minggu, 10 Des 2023 00:05
Himpunan Mahasiswa Polipangkep Terima Penghargaan Ormawa Pelaksana P2MD Terbaik
Himpunan Mahasiswa Polipangkep terima penghargaan Ormawa Pelaksana P2MD terbaik. Foto: Istimewa
Comment
Share
YOGYAKARTA - Kelompok Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Himpunan Mahasiswa Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (Himaterin) Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) dinobatkan sebagai peringkat 3 pelaksana Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) terbaik.

Acara penerimaan penghargaan dihelat Direktorat APTV dalam giat Apresiasi Program Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV) Kemdikbudristek, Jumat 8 Desember 2023 di Yogyakarta. Giat dihadiri Direktur Polipangkep dan perwakilan mahasiswa pelaksana P2MD dari Himaterin selaku penerima penghargaan, Dian Muhtiah Azzahrah.

"Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Ormawa kami telah menunjukkan komitmen yang tinggi untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa. Ini adalah bukti nyata bahwa mahasiswa bukan hanya menjadi agen perubahan di kampus, tetapi juga di lingkungan sekitarnya," kata Direktur Polipangkep Darmawan.

Tim P2MD Himaterin Polipangkep secara konsisten melaksanakan berbagai proyek dan kegiatan P2MD selama 3 tahun berturut-turut. Mereka terlibat dalam upaya edukasi masyarakat desa untuk peningkatan perekonomian dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal.

Penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi bagi kelompok Ormawa di Polipangkep untuk terus mengembangkan ide-ide inovatif dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta elemen masyarakat dalam menjalankan program pembangunan berkelanjutan.

Dian Muhtiah Azzahrah selaku ketua Tim P2MD Himaterin dengan raut bahagia menyampaikan terima kasih telah diberi kepercayaan dinobatkan sebagai Pelakasana P2MD terbaik dari seluruh ormawa yang ikut serta dalam kegiatan ini. Mahasiswa Prodi Agroindustri itu lalu membagikan kiat memaksimalkan pelaksanaan P2MD.

"Pelaksanaanya harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa setempat. Mahasiswa juga secara progresif memberikan yang terbaik pada saat mengabdi,” jelas Dian.

Dian mengaku, timnya bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya di Desa Damai. Pengalaman tak terlupakan saat pelaksanaan P2MD yaitu canda tawa mengiringi pelaksanaan, panas hujan yang membersamai.

“Antusiasme masyarakat selalu menjadi semangat. Kami bersyukur dapat mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat. Dukanya adalah melepas anggota tim yang sudah sangat kompak, kami makan bersama, belajar, dan begadang bersama selama 3 bulan dalam pelaksanaan kegiatan P2MD ini. Semoga kami dan semua rekan mahasiswa Polipangkep bisa tetap berkarya dan mengabdi untuk bangsa,” cerita Dian penuh semangat.

Polipangkep berterima kasih kepada Direktorat APTV Kemdikbudristek atas aperesiasi dan dukungan yang tak henti. Penghargaan ini menjadi salah satu wujud penghormatan atas upaya mahasiswa dalam menjalankan tanggung jawab sosial mereka. Semoga prestasi Polipangkep ini menjadi teladan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk turut serta aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik, terutama di tingkat desa.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru