Menteri Pertanian Beli Rp1 Juta Gula Aren Olahan UMKM Kota Palopo

Chaeruddin
Sabtu, 03 Feb 2024 19:15
Menteri Pertanian Beli Rp1 Juta Gula Aren Olahan UMKM Kota Palopo
Mentan Andi Amran Sulaiman membeli gula aren di Palopo. Foto: IST
Comment
Share
PALOPO - Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengunjungi dan bersilaturahmi dengan pelaku UMKM pada pameran produksi pertanian di Lapangan Pancasila, Kota Palopo pada Sabtu, (3/2/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Mentan Amran tertarik dengan produksi gula aren, olahan pelaku UMKM asal Tandung, Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana. Bahkan ia membeli Rp1 juta gula aren untuk dibawa ke Jakarta.

Syamsiah, pelaku usaha gula Aren tersebut menjelaskan, ada tiga macam hasil produksi gula aren mereka. Yakni, gula aren cair, gula aren bubuk dan gula aren batu yang beratnya sekira 500 kilogram per biji.

"Gula aren cair kami kemas dalam botol, bubuknya dalam kemasan plastik. Gula aren batu ini yang dibungkus dengan daun aren," jelas Syamsiah, sambari menunjuk produksi mereka satu persatu.

"Tidak ada campurannya kah," tanya Mentan Amran dengan dialek Sulawesi Selatan.

"Saya beli satu juta, naikan ke pesawat, saya bawa ke Jakarta," lanjutnya, sembari menceritakan pengalamannya mengkonsumsi gula aren hingga satu bulan dalam hutan.

"Saya kalau lihat gula merah (daun aren), dibungkus begini, wah senang saya. Dulu saya bisa hidup sebulan dengan gula merah. Saya ke hutan itu hanya bawa gula merah. Nanti bisa dimakan sama singkong, sama ubi," kata Mentan sambil memperagakan saat ia membawa gula aren di atas punggungnya.

Usai bersilaturahmi dengan pelaku UMKM, Mentan Amran lanjut menyapa petani dan pekebun serta penyuluh di kegiatan Temu Teknis Pekebun yang mengangkat Tema, "Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Produksi Perkebunan.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru