Bappeda Litbang dan DPRD Luwu Rampungkan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Chaeruddin
Selasa, 28 Feb 2023 23:23
Bappeda Litbang dan DPRD Luwu Rampungkan Musrenbang Tingkat Kecamatan
Kepala Bappeda dan Litbang Luwu, Moch Arsal Arsyad. Foto/Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (Bappeda Litbang) Kabupaten Luwu bersama 35 anggota DPRD setempat telah merampungkan proses Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2024 tingkat kecamatan.

Kepala Bappeda dan Litbang Luwu, Moch Arsal Arsyad, menyebutkan Musrenbang RKPD 2024 dilaksanakan di 22 kecamatan selama lima hari dan usai pada Jumat (24/2/2023) pekan lalu.



"Seluruh hasil Musrenbang menjadi catatan kami. Untuk selanjutnya, tim kami menyusun seluruh usulan masyarakat dalam Musrenbang kemarin. Hasilnya akan diserahkan ke masing-masing OPD sesuai tupoksinya," ujar Arsal, Selasa, (28/2/2023).

"OPD teknis kemudian akan menyusun usulan tersebut, menyesuaikan tingkat urgensinya, tentunya disesuaikan pula dengan program Bapak Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau RPJMD, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD, maupun rencana strategis perangkat daerah," sambung mantan Kepala BPKD Luwu ini.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, sebelumnya mengapresiasi jajarannya, Bappeda Litbang, para camat dan kepala desa, utamanya pimpinan dan anggota DPRD Luwu, yang telah menyelenggarakan dan merampungkan Musrenbang tingkat kecamatan.

"Sebagaimana diamanatkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD. Musrenbang di kecamatan ini adalah forum antar pemangku kepentingan skala kecamatan untuk membahas dan menyepakati kegiatan prioritas daerah di wilayah Kecamatan," ujarnya.

"Oleh karena itu saya berharap, seluruh usulan masyarakat dalam Musrenbang kecamatan menjadi catatan penting, menjadi acuan penyusunan program kerja OPD tahun 2024," lanjutnya.

Bupati Basmin melanjutkan, dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, usulan hasil musrenbang di tingkat desa/kelurahan yang telah disepakati harus diinput ke dalam aplikasi SIPD menggunakan akun desa/kelurahan masing-masing. Hal itu menjadi bahan penyusunan renja perangkat daerah dan dibahas lebih lanjut dalam forum perangkat daerah di tingkat Kabupaten.



Tema pembangunan 2024 adalah pembangunan berkelanjutan untuk kemandirian dan kesejahteraan rakyat. Pemilihan tema tersebut juga disesuaikan dengan prioritas pembangunan dalam rangka mencapai misi, dan mewujudkan visi pembangunan daerah yaitu 'Kabupaten Luwu Yang Maju, Sejahtera dan Mandiri Dalam Nuansa Religi'.

Adapun prioritas pembangunan 2024 sebagaimana yang disesuaikan dalam RPJMD adalah pembangunan manusia, perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan bencana, penurunan kesenjangan sosial ekonomi, pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis agribisnis, dan pengembangan infrastruktur wilayah dan lingkungan permukiman.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru