Erupsi Gunung Ruang, Penerbangan ke Manado Dibatalkan

Najmi S Limonu
Kamis, 18 Apr 2024 12:52
Erupsi Gunung Ruang, Penerbangan ke Manado Dibatalkan
Sekitar lima penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menuju Manado dibatalkan karena erupsi Gunung Ruang. Foto: Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Imbas dari erupsi abu vuknaik gunung Ruang yang terjadi, Rabu kemarin (17/4/2024) tak hanya berdampak pada penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Tapi juga mempengaruhi penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Tercatat ada sekitar lima pernerbangan yang dibatalkan dan tiga penerbangan dialihkan ke Bandara Sultan Hasanuddin, Kamis (18/4/2024).



Stake Holder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taufan Yudhistira mengatakan, pembatalan dan pengalihan penerbangan ini dilakukan demi keselamatan penerbangan.

"Dua penerbangan rute Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Sam Ratulangi Manado, tiga penerbangan rute sebaliknya terpaksa harus batal. Sementara, tiga penerbangan menuju Bandara Sam Ratulangi dari Jakarta dan Kunming dialihkan ke Makassar," ujarnya kepada awak media.

Taufan menyebut PT Angkasa Pura (AP) I cabang Manado, menutup sementara Bandara Sam Ratulangi gara-gara abu vulkanik Gunung Ruang, Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.



"Jadwal penerbangan dari berbagai daerah seperti Manado menuju Makassar dan lainnya mengalami penundaan," sebutnya.

Diketahui, status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas.

Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 m dari puncak.

Kemudian pada Rabu kemarin (17/4) pukul 20.15 WITA kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak.

Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA)Ruang.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru