Polipangkep Kembali Gelar MTQ Politeknik Tingkat Nasional

Luqman Zainuddin
Rabu, 15 Mei 2024 10:41
Polipangkep Kembali Gelar MTQ Politeknik Tingkat Nasional
Polipangkep kembali melaksanakan MTQ Politeknik tingkat nasional. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) kembali menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Politeknik Tingkat Nasional. Giat sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan lomba MTQ telah menjadi agenda rutin tahunan Polipangkep.

Di bawah koordinasi Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, kompetisi ini diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh Politeknik di Indonesia.

Sangat antusias, MTQ nasional ini diikuti oleh 304 peserta dari 44 Politeknik negeri dan swasta, bahkan 2 di antaranya dari Politeknik Malaysia. Jumlah peserta ini menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya, yang mencatat 148 mahasiswa dari 33 Politeknik di Indonesia.

Tema yang diusung pada MTQ Politenik Nasional 2024 adalah “Kokohkan Politeknik melalui Pendidikan Al-Qur’an”, dengan 3 jenis lomba, yaitu: Ceramah, Tilawah Al-Quran, dan Tartil Al-Quran. Pelaksanaan kompetisi nasional ini dimulai dari Maret hingga April.



Kompetisi nasional MTQ ini tidak hanya bertujuan sebagai ajang lomba semata, tetapi juga sebagai wadah untuk mendalami ajaran Al-Qur'an, memperkuat nilai-nilai keagamaan, serta memperkokoh karakter dan moralitas generasi muda Indonesia, khususnya di lingkungan Politeknik.

Direktur Polipangkep, Dr Darmawan yang ditemui di ruang kerjanya menerangkan bahwa kompetisi MTQ Politeknik Nasional 2024 ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa Politeknik dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Ajang MTQ Nasional ini dapat mendorong mahasiswa yang memiliki bakat dan kemampuan di bidang ceramah dan tilawah Alquran untuk dapat berinovasi, meningkatkan kreativitas dan kompetensi diri, sekaligus kualitas diri dalam bingkai spiritual dan ketakwaan,” pungkas Darmawan.

Senada, Pembantu Direktur (Pudir) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polipangkep, Nur Rahmawaty Arma, Ph.D. mengungkapkan bahwa giat ini sangat bermanfaat. Khususnya dalam menumbuhkan semangat serta motivasi mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat. Baik dalam lingkup kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia, bahkan hingga Malaysia.



“Polipangkep selaku penyelenggara kompetisi MTQ Nasional mengemban tujuan untuk mrningkatkan kualitas hubungan dan kerjasama antarperguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia,” tukas Arma.

“Melalui ajang kompetisi MTQ ini, dapat terbentuk relasi dan silaturahmi yang baik antarcivitas Politeknik se-Indonesia. Kami juga sangat bersyukur ada peserta dari Politeknik Malaysia yang turut bergabung dalam kompetisi ini,” kata dia lagi.

Terlaksananya kegiatan ini merupakan komitmen Polipangkep untuk memberikan penghargaan serta apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional dalam bidang Keagamaan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru