Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup, Semen Tonasa Tegaskan Komitmen Keberlanjutan

Tim Sindomakassar
Senin, 10 Jun 2024 17:09
Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup, Semen Tonasa Tegaskan Komitmen Keberlanjutan
PT Semen Tonasa menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024. Foto/Dok Semen Tonasa
Comment
Share
PANGKEP - PT Semen Tonasa menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring di kawasan Smart Farm PT Semen Tonasa ini dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh beserta jajaran Forkopimda Provinsi.

Tidak ketinggalan yakni Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Pangkep, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa beserta pejabat Band 1 dan Band 2, serta tamu undangan lainnya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema 'Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan'. Pada momentum itu, manajemen PT Semen Tonasa menegaskan komitmen keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, mengawali kegiatan dengan membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Selanjutnya, ia menyampaikan inti dari sambutan tersebut bermuara pada dua hal.

Pertama, pemulihan dan pelestarian lingkungan. Kedua, upaya penurunan gas rumah kaca. Olehnya itu, ia mengajak semua pihak menyukseskan Gerakan Sulsel Menanam. Bisa menanam tanaman apapun, seperti mangrove, buah-buahan sampai rumput laut. Yang salah, kata dia, jika tidak menanam.

"Kita berharap, dengan semakin hijaunya tanah Sulawesi Selatan ini, dapat menjadikan Sulsel sebagai destinasi wisata hijau yang kaya akan oksigen. Dan tentu saja, dengan semakin baiknya kualitas oksigen di Sulsel, dapat semakin meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya," ujar dia.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, dalam sambutannya, turut menegaskan komitmen untuk menjadikan isu lingkungan sebagai prioritas utama. Ia menyebut semua pihak harus berkolaborasi untuk berinovasi mencari solusi yang berkelanjutan.

"Inovasi adalah kunci untuk mengatasi tantangan lingkungan yang kompleks, mulai dari penerapan teknologi ramah lingkungan, pengolaan sampah yang lebih efektif, hingga pemanfaatan energi terbarukan," katanya.

Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Anis, pada kesempatan itu memaparkan berbagai upaya perusahaan dalam melaksanakan komitmen untuk mendukung keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Hal itu bisa dilihat, antara lain melalui program reklamasi pascatambang, aktivitas inovasi teknologi bioreklamasi, pengelolaan kawasan konservasi yang berada pada area taman KEHATI (Keanekaragaman Hayati) dan Situs Purbakala Bulu Sipong, serta implementasi inovasi di bidang energi dengan memanfaatkan sekam padi, tankos kelapa sawit, dan bonggol jagung sebagai energi alternatif dalam proses produksi.

"Dan yang akan berjalan, adalah kolaborasi kami bersama Pemerintah Kabupaten Pangkep, dengan menjadi offtaker produk bahan bakar dari sampah hasil olahan Plant Badriah." pungkasnya.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga diadakan penanaman pohon di area Smart Farm Semen Tonasa oleh para undangan yang dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Sulsel Prof. Zudan Arif Fakrulloh.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru