KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada

Ahmad Muhaimin
Rabu, 03 Jul 2024 17:14
KPU dan Unhas Sebar 260 Mahasiswa KKN Tematik untuk Sosialisasikan Pilkada
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembekalan KKN Tematik kepada 260 mahasiswa dari Unhas di Hotel Claro Makassar pada Rabu (03/07). Foto: Dok KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembekalan KKN Tematik kepada 260 mahasiswa dari Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) di Hotel Claro Makassar pada Rabu (03/07). Mereka akan disebar ke 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin Husain mengatakan ratusan mahasiswa ini akan membantu KPU untuk mensosialsiasikan Pilkada dan Pilgub di masyarakat. Mereka akan menjadi mitra PPK di tingkat kecamatan.

"Mahasiswa menjadi mitra dalam menjadi agen 24 kabupaten/kota di Sulsel. Isunya tentang pendidikan pemula, isu strategis pemilihan di tahun 2024 ini tentang netralitas TNI/Polri, isu hoax lebih banyak yang dilakukan oleh pemilih pemula," kata Hasruddin.



Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat ini mendorong program ini bisa maksimal mendongkrak partisipasi pemilih di Pilkada. Apalagi ratusan mahasiswa ini akan bekerja selama 45 hari.

"Harapan kita dengan membangun sebanyak-banyaknya mitra agen maupun relawan demokrasi di semua simpul di Sulsel. Informasi itu lebih cepat tersampaikan, karena lebih banyak mitra, maka lebih cepat menyampaikan informasi," ujarnya.

"Setiap kabupaten ada 10 orang ditempatkan mahasiswa Unhas. Khusus, untuk provinsi kita ambil 20 orang dari 13 latar belakang fakultas yang berbeda," terangnya.

"Ada Sospol, hukum, kedokteran kemudian teknik pertanian dan perikanan. Harapan kita menempatkan mereka sesuai dengan lokus yang ada di Wajo, Luwu mereka memberikan rekontruksi yang diterima dan menjadi implementasi kerja nyata di kabupaten/kota," sambungnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru