Sukseskan Beautiful Malino 2024, PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip dari Energi Hijau

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 16 Jul 2024 14:40
Sukseskan Beautiful Malino 2024, PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip dari Energi Hijau
PT PLN sukses menghadirkan listrik andal tanpa kedip dalam perhelatan Beautiful Malino 2024 yang berlangsung di Kawasan Wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) sukses menghadirkan listrik andal tanpa kedip (zero down time) dalam perhelatan Beautiful Malino 2024 yang berlangsung di Kawasan Wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Pemerintah Kabupaten Gowa dan juga merupakan 110 Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berlangsung lancar dan sukses menggunakan layanan listrik PLN pada 12-14 Juli 2024.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin mengungkapkan kesuksesan acara Beautiful Malino 2024 tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen seperti dukungan PLN menghadirkan listrik yang andal tanpa kedip dan tentunya dari energi hijau.

"Demi kenyamanan masyarakat yang hadir dalam perhelatan tersebut, kami menerjunkan total 30 personel bersiaga untuk menjaga pasokan listrik selama acara. Personel kami tentunya dilengkapi dengan peralatan yang mendukung keandalan suplai listrik yang digunakan tanpa kedip seperti UPS," ujar Andy.

Andy menambahkan, guna mendukung keandalan pasokan listrik PLN juga menghadirkan layanan khusus (ELOD Ultima Advance) dengan daya total yang digunakan 302.500 Volt Ampere (VA) yang juga dilengkapi satu unit Uninterruptible Power Suply (UPS) dengan daya 100 kilo Volt Ampere (kVA). Selain itu PLN juga memasang Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 600 meter untuk memasok listrik di tiga titik acara.

"Kami bersyukur dalam salah satu perhelatan besar ini listriknya andal, tanpa kedip, sehingga masyarakat dapat menikmati acara yang berjalan dengan lancar," pungkas Andy.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Nasrun menyampaikan apresiasi kepada PT PLN (Persero) atas dukungan dan sinergi yang baik sehingga acara Beautiful Malino 2024 bisa berjalan lancar dan listriknya menggunakan sumber energi hijau.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN yang telah memberikan dukungan penuh kepada kami pemerintah Kabupaten Gowa dalam melaksanakan Beautiful Malino 2024, apalagi untuk mengkampanyekan kawasan wisata hijau kami menggunakan energi bersih dalam perhelatan acara," ungkap Nasrun.

Tak hanya menghadirkan listrik yang andal selama perhelatan berlangsung, PLN juga telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di kawasan Wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa. Andy mencatat total 14 kendaraan listrik melakukan isi daya di SPKLU PLN ULP Malino dengan total 52,45 kWh terjual.

Andy menjelaskan SPKLU yang terletak di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Malino tersebut memiliki kapasitas daya 7,7 kiloWatt (kW) dan siap beroperasi melayani kendaraan listrik yang ingin mengisi daya.

"Bagi masyarakat yang ingin ke Malino menggunakan kendaraan listrik kini tidak perlu khawatir lagi, silahkan melakukan pengisian daya di SPKLU Malino," ungkap Andy.

Dirinya optimis, hadirnya SPKLU di kawasan Wisata Kota Bunga Malino ini dapat mendukung wisata ramah lingkungan dengan kendaraan bebas polusi, dan juga sekaligus mempercepat ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa. Apalagi kata Andy, persentase Energi Baru Terbarukan (EBT) di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sudah mencapai 45,7%.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru