XL Axiata Jamin Kualitas Jaringan di Sulsel Selama Ramadan dan Lebaran

Luqman Zainuddin
Kamis, 30 Mar 2023 21:36
XL Axiata Jamin Kualitas Jaringan di Sulsel Selama Ramadan dan Lebaran
XL Axiata East Region menyerahkan bantuan lewat program Peduli Paket Berbuka dan Peduli Sembako untuk pesantren di Kota Makassar, Kamis (30/3/2023). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - XL Axiata menjamin jaringan aman selama Ramadan dan Lebaran Idul Fitri. Jaminan maksimalnya jaringan ini termasuk saat perjalanan mudik dengan berbagai moda transportasi, seperti kereta api Parepare-Makassar.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, keandalan jaringan ini diperoleh setelah dilakukan penguatan sepanjang tahun. Hal ini sebagai upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 2.380 desa dan kelurahan di 246 kecamatan di Sulsel. Jaringan tersebut juga telah menjangkau sebagian besar jalur kereta api Makassar-Parepare yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.



"Sepanjang dua tahun terakhir, pengembangan dan penguatan jaringan serta fiberisasi kami lakukan secara gencar di Sulawesi. Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan trafik yang signifikan. Trafik data di seluruh Sulawesi meningkat hingga 170%,” ujar Marwan saat Safari Ramadan di Kantor XL Axiata Jalan AP Pettarani, Makassar, Kamis (30/3/2023).

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto menambahkan, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan di Sulsel tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang lebaran, namun terus menerus.

Penguatan jaringan juga mencakup area-area wisata di Sulsel juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program pariwisata yang sedang digalakkan oleh pemerintah.



Dodik menyampaikan, maksimalnya jaringan XL di Sulsel juga didukung oleh tersedianya 4.800 BTS. Sementara fiber optik dalam 2 tahun ini, sudah mencakup 1.600 kilometer.

Dodik mengatakan, peningkatan kualitas jaringan data di secara umum memang menjadi keharusan demi mendukung juga gencarnya digitalisasi di berbagai sektor.

Di sisi lain, penyediaan jaringan 4G di provinsi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital agar mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang, baik sosial maupun bisnis dan pemerintahan. Literasi digital yang cukup akan memungkinkan untuk mengakses dan memanfaatkan layanan digital.



Dalam dua tahun terakhir, trafik data di Sulsel tumbuh lebih dari 50%. Saat ini, total pelanggan mencapai lebih dari 1,2 juta. XL Axiata juga terus melakukan penambahan BTS 4G hingga sebanyak 413 unit dalam dua tahun terakhir. Area dengan trafik tertinggi ada di Kota Makassar, Bone, Sidenreng Rappang, Kabupaten Maros, Bulukumba.

Secara bisnis, dengan jumlah penduduk lebih dari 9 juta jiwa, Sulsel cukup potensial sebagai pasar bagi produk layanan XL Axiata, baik untuk layanan perorangan maupun UMKM. Agar dapat merebut pasar, XL Axiata memastikan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Sulawesi Selatan.

“Kami sadar, saat ini hanya kualitas layanan yang akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik bagi masyarakat luas, karena layanan yang berkualitas akan bisa memberikan manfaat untuk menunjang aktivitas produktif. Untuk itulah kami akan terus membangun jaringan data, baik untuk ekspansi maupun untuk meningkatkan kualitas sinyal,” lanjut Dodik.

Aksi Sosial XL Axiata

Di bulan Ramadan ini, XL Axiata Peduli menggelar dua program, yaitu XL Axiata Peduli Paket Berbuka, berupa penyaluran paket makanan berbuka untuk masyarakat prasejahtera, dengan sistem penukaran kupon. Program kedua yaitu XL Axiata Peduli Sembako untuk pesantren, dengan membeli dari UMKM lokal.



Ada 1.000 paket yang dibagikam selama Ramadan untuk seluruh Indonesia. Khusus di wilayah XL Axiata East Region ada 100 lebih paket yang dibagikan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru