Kalla Institute Luncurkan KI-LEAD, Diproyeksikan jadi Pusat Pengembangan SDM dan Bisnis

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 01 Mar 2023 12:33
Kalla Institute Luncurkan KI-LEAD, Diproyeksikan jadi Pusat Pengembangan SDM dan Bisnis
Rektor Kalla Institute Syamsril saat meluncurkan dan memperkenalkan Lembaga Learning and Development (KI-LEAD) di lantai 6 office building Kampus Kalla Institute Nipah Park. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Kalla Institute secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan Lembaga Learning and Development atau disebut KI-LEAD. Launching lembaga baru di bawah Kalla Institute itu berlangsung di lantai 6 office building Kampus Kalla Institute Nipah Park, Rabu (1/3/2023).

Hadir dalam acara itu jajaran pimpinan Kalla Institute maupun KI-LEAD. Di antaranya yakni Rektor Syamril, Sekretaris KI-LEAD Ralie Karya Agriawan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Sukardi Weda, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Syamsu Rijal, serta para kaprodi dan ketua lembaga.



Rektor Kalla Institute, Syamril, menjelaskan kehadiran KI-LEAD dilandasi niat mulia untuk membantu pengembangan SDM dan bisnis di tanah air. Pengalaman Kalla Group dalam mencetak SDM dan memajukan bisnis ingin dibagikan kepada pihak lain demi kemajuan bangsa.

KI-LEAD sejatinya mirip dengan Kalla Learning Center, namun dengan cakupan yang lebih luas. Bila Kalla Learning Center hanya terbatas di internal, maka KI-LEAD berfokus pada eksternal, baik itu perusahaan maupun pemerintahan. Ruang lingkup programnya pun sangat beragam, mulai pelatihan hingga konsultasi.

Syamril mengimbuhkan KI-LEAD memiliki visi menjadi pusat pengembangan SDM dan manajemen bisnis menuju Indonesia kompeten dan sejahtera, berlandaskan nilai-nilai budaya dan agama. Untuk itu, ditetapkan pula tiga misi, antara lain membangun SDM kompeten, melakukan pendampingan menuju bisnis yang profesional, dan berperan aktif dalam memajukan UMKM.

"KI-LEAD ini berada di bawah kampus (Kalla Institute), tapi ada PT-nya yakni PT Bangun Talenta Unggul. KI-LEAD mempunyai visi untuk menjadi pusat pengembangan SDM dan bisnis, ya fokusnya pada dua itu yang ditangani," kata dia.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Kalla Institute, Syamsu Rijal, pada kesempatan itu membacakan surat keputusan rektor dengan nomor: 011/IN/R/KEP/2/2023 tentang Pembentukan Lembaga Learning and Development Institut Teknologi dan Bisnis Kalla.

Kehadiran KI-LEAD dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran dalam mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi. Terutama di bidang pengabdian kepada masyarakat melalui hilirisasi kepakaran ke dunia usaha dan industri. "Jadi hal ini sebagai bentuk kolaborasi kepakaran akademisi Kalla Institute dan praktisi Learning Center Kalla Group," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KI-LEAD Ralie Karya Agriawan, menjelaskan pengalaman Kalla Group dalam mencetak SDM unggul dan memajukan bisnis merupakan nilai jual bagi KI-LEAD. Ruang lingkup program yang ditawarkan kepada perusahaan maupun pemerintahan pun beragam, mulai dari pelatihan, asesmen, sertifikasi hingga konsultasi.



Ralie menyebut pihaknya bahkan telah menyusun peta jalan perihal program KI-LEAD. Pada tahun ini, pihaknya berfokus pada pelatihan, asesmen dan sertifikasi meski masih bersifat kolaborasi. Adapun tahun depan untuk sertifikasinya diharapkan sudah dapat mandiri. Lalu, pada 2024 pihaknya juga akan menyediakan layanan konsultasi.

Dijelaskannya pula mengenai sederet program unggulan pada 2023. Di antaranya yakni Business Next Level, Improvement Program, Sales Development, Corporate Culture, Digital Development, dan Mini MBA.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru