LPS Jamin 17,34 Juta Rekening di Sulsel, Nominalnya Capai Rp91,5 Triliun

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 15 Mei 2024 16:52
LPS Jamin 17,34 Juta Rekening di Sulsel, Nominalnya Capai Rp91,5 Triliun
Direktur Eksekutif Keuangan LPS Danu Febrianto (tengah) berbincang dengan Kepala Kantor Wilayah III LPS Makassar Fuad Zaen di acara Temu Media Kantor Perwakilan III LPS Makassar. Foto/Maman Sukirman
Comment
Share
MAKASSAR - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat cakupan penjaminan di wilayah Provinsi Sulsel terbilang tinggi. Total rekening yang dijamin mencapai 17,34 juta atau setara 99,97 persen dari total rekening.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan III LPS Makassar, Fuad Zaen, saat kegiatan Temu Media di The Rinra Hotel Makassar, Rabu (15/5/2023). Turut hadir dalam kegiatan itu yakni Direktur Eksekutif Keuangan LPS Danu Febrianto serta Kepala Edukasi Humas dan Hubungan Lembaga Kantor Perwakilan III LPS Makassar Dadi Hermawan.

Fuad menjelaskan jumlah simpanan yang dijamin penuh oleh LPS di Sulsel terhitung 30 Maret 2024 mencapai Rp91,5 triliun. Adapun 0,03 persen simpanan di Sulsel yang tidak dijamin LPS merujuk pada regulasi, dimana ada batasan maksimal tabungan per nasabah per bank yang bisa dijamin LPS yakni Rp2 miliar.

"Untuk jumlah bank peserta penjaminan LPS hingga April 2024 ada 26. Rinciannya yakni 1 bank umum dan 25 BPR/BPRS)," ungkap dia.

Untuk data nasional, LPS secara keseluruhan menjamin 585,94 juta rekening. Bila dipersentasekan mencapai 99,94 persen dari total rekening. Capaian itu terbilang tinggi karena sudah berada di atas target UU LPS yakni sekurangnya 90 persen dari total deposan.

Pada kesempatan itu, Fuad juga memaparkan kinerja LPS lingkup Sulsel. Sejak 2005 hingga sekarang, diketahui ada lima bank yang dicabut izin usahanya. Nah, guna memastikan stabilitas sistem keuangan lebih baik, LPS pun membuka kantor perwakilan, termasuk di Makassar.

Menurut Fuad, ada tiga kantor perwakilan yang dibuka oleh LPS pada Mei 2024. Masing-masing di Medan, Surabaya, dan Makassar. Untuk Kantor Perwakilan III LPS Makassar akan menaungi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Secara gamblang, Fuad menyebut kehadiran LPS di daerah akan memperkuat fungsi lembaga. Terlebih, LPS mendapatkan mandat baru lewat UU P2SK untuk penjaminan polis asuransi. Juga bisa memperkuat koordinasi dengan mitra atau stakeholder dan dapat lebih dekat dengan nasabah.

Direktur Eksekutif Keuangan LPS, Danu Febrianto, pada kesempatan itu menyampaikan, pembukaan kantor perwakilan di daerah bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap LPS. Ekspansi ke daerah itu juga diharapkan membuat kinerja lembaga lebih baik, termasuk dalam memberikan layanan.

"Pembukaan kantor perwakilan ini agar lebih dekat ke masyarakat, ya jadi bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat juga," tuturnya.

Kepala Edukasi Humas dan Hubungan Lembaga Kantor Perwakilan III LPS Makassar, Dadi Hermawan, menambahkan total bank yang sudah dilikuidasi hingga April 2024 mencapai 133 bank. Rinciannya 1 bank umum dan 132 BPR/BPRS.

Dadi bilang untuk Sulsel sejak 2005, ada lima bank yang dilikuidasi. LPS sendiri telah membayarkan klaim penjaminan 4 dari 5 BPR/BPRS yang izin usahanya dicabut. Adapun satu BPR/BPRS lainnya tidak dibayarkan karena memang tidak ada simpanan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru