Baznas Makassar Salurkan Zakat dan Paket Sembako ke Ratusan Mualaf

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 16 Apr 2023 20:32
Baznas Makassar Salurkan Zakat dan Paket Sembako ke Ratusan Mualaf
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Makassar menyalurkan zakat dan paket sembako kepada kurang lebih 200 mualaf. Foto/SINDO Makassar/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Makassar menyalurkan zakat dan paket sembako kepada kurang lebih 200 mualaf. Bantuan itu diserahkan langsung secara simbolis oleh Plt Ketua, Ahmad Taslim, dan Wakil Ketua II, Abd. Jurlan, kepada perwakilan mualaf.

Taslim yang juga Wakil Ketua I Baznas Makassar menyampaikan, penyaluran zakat dan paket sembako kepada mualaf merupakan salah satu kewajiban lembaganya selaku amil zakat. Mualaf diketahui masuk dalam 8 asnaf penerima zakat, selain di antaranya fakir, miskin, dan musafir.



"Penyaluran zakat Baznas tidak semata untuk fakir dan miskin, tapi ada 8 asnaf. Nah, penyalurannya itu salah satunya kepada mualaf. Totalnya ada sekitar 200 mualaf yang kami undang untuk bantuan zakat, ada dalam bentuk uang tunai dan sembako," kata Taslim, seusai acara Pembekalan Mualaf dan Penyerahan Zakat di Kantor Baznas Makassar, Minggu (16/4/2023).

Pada kesempatan itu, Taslim juga memperkenalkan program Mualaf Center dari Baznas Makassar. Pihaknya bahkan berencana membangun Gedung Mualaf Center, dimana muaranya untuk menjadi pusat aktivitas mualaf. Baznas Makassar menginginkan para mualaf diberikan pendampingan, baik spiritual maupun ekonomi.

"Tujuan hadirnya Mualaf Center adalah agar mualaf ini tidak semata diberi penguatan keimanan, tapi ada juga pemberdayaan ekonomi keumatan," ucapnya.

Sejauh ini, Baznas Makassar sudah melakukan pendataan dan pemetaan mengenai potensi para mualaf. Beberapa di antaranya bahkan diberikan modal usaha. Total bantuan modal usaha yang disalurkan mencapai Rp100 juta. Pihaknya menginginkan kelak mualaf itu dapat mandiri secara ekonomi.



Sementara itu, Wakil Ketua II Baznas Makassar, Abd Jurlan, menambahkan pihaknya terus memberikan pendampingan kepada para mualaf, baik spiritual maupun ekonomi. Khusus untuk ekonomi, pihaknya telah melakukan pendataan dan pemetaan mengenai mualaf yang memiliki potensi berwirausaha.

Jurlan menyebut pihaknya mendorong mualaf membuat UMKM yang bergerak sesuai dengan keahliannya. Baznas Makassar siap memberikan modal usaha dan melakukan pendampingan. "Intinya, kami menginginkan agar bukan hanya penguatan iman yang dilakukan tapi juga ekonomi keumatan," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru