Dirut PNM Resmikan Ruang Pintar Sungai Cerekang, Punya Wifi dan Fasilitas Belajar

Luqman Zainuddin
Jum'at, 08 Sep 2023 16:06
Dirut PNM Resmikan Ruang Pintar Sungai Cerekang, Punya Wifi dan Fasilitas Belajar
Sejumlah anak-anak duduk rapi di dalam Ruang Pintar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT PNM di Sungan Cerekang, Makassar. Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arif Mulyadi meresmikan Ruang Pintar Sungai Cerekang, Kelurahan Gaddong, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Jumat (8/9/2023).

Ruang Pintar ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT PNM. Di Sulsel, fasilitas seperti ini hanya ada dua. Satu di Sungai Cerekang, lainnya berada di Kabupaten Maros.

Fasilitas ini dapat digunakan nasabah PNM dan masyarakat secara umum untuk berbagai kegiatan. Misalnya sebagai ruang belajar mengaji bagi anak-anak, pelajaran tambahan, bisa juga menjadi ruang sosialisasi kegiatan.



"Intinya Ruang Pintar ini menjadi ruang edukasi. Di tempat lain kita kerja sama dengan perusahaan tertentu. Jadi tergantung mitranya apa," tutur Executive Vice President Pengembangan dan Jasa Manajemen PT PNM Razaq Manan Ahmad.

Dirut PNM Resmikan Ruang Pintar Sungai Cerekang, Punya Wifi dan Fasilitas Belajar

PNM juga memberikan beberapa fasilitas untuk digunakan di Ruang Pintar. Seperti meja belajar, lemari, buku dan papan tulis, dan pendingin ruangan. Ke depan, Ruang Pintar ini juga akan dilengkapi Wifi.

Agar fasilitas ini berguna dan terpakai secara kontinyu, PNM juga akan merekrut seorang pendamping. Masyarakat lokal akan diutamakan. Pendamping ini nantinya akan diberikan biaya operasional tiap bulannya.



"Karena membangun Ruang Pintar itu bukan hanya fisik saja, yang penting isinya, kegiatan di dalamnya, kalau tidak ada pengisinya yang rutin, tidak ada orang lokal yang bisa diberdayakan, sia-sia saja," kata Razaq.

Ruang Pintar PNM tersebar pada banyak tempat di Indonesia. Pendiriannya tergantung kelompok nasabah PNM. Asal ada lahan yang bisa digunakan mendirikan bangunan atau rumah yang bisa disewa.

Pandemi lalu, Ruang Pintar PNM di beberapa tempat memberikan manfaat cukup besar terhadap siswa. Sebab, fasilitas Wifi di dalamnya digunakan siswa untuk pembelajaran jarak jauh.



Peresmian itu turut dihadiri sejumlah pejabat PNM dari Jakarta. Juga hadir perwakilan Unilever Indonesia. Mereka sebelumnya juga menghadiri kick off Bukarsa atau program Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera, Kolaborasi PNM dan Unilever.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru