Pekerja Asal Makassar Tewas Ditembak KKB di Intan Jaya

Tim Sindomakassar
Selasa, 13 Agu 2024 21:21
Pekerja Asal Makassar Tewas Ditembak KKB di Intan Jaya
Warga Kota Makassar, Raimon Gustam Kailimang yang juga pekerja pada proyek TJP (Tigi Jaya Permai) tewas ditembak mati Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Foto: Ist
Comment
Share
JAYAPURA - Aksi penembakan dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sering juga disebut Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah kembali terjadi hingga menewaskan satu orang yakni Raimon Gustam Kailimang.

Aksi penembakan terjadi pada Selasa (13/8/2024) sekitar pukul 14.55 WIT. Kronologi penembakan diketahui saat terdengar tembakan dari arah Kampung Wandoga. Selanjutnya personel Pasasgat menerbangkan drone untuk memantau area.



Dari pantauan drone tersebut, terlihat satu korban tergeletak di area bawah Sungai Wabu. Korban yang diidentifikasi bernama Raimon Gustam Kailimang, pekerja proyek Tigi Jaya Permai (TJP), berasal dari Kota Makassar.

Korban mengalami luka-luka serius, di antaranya luka tembak pada bagian kepala yang menembus dari telinga kiri ke telinga kanan, luka tembak di lengan kanan dan dada kanan.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi mengatakan, penembakan dilakukan oleh KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Lewis Kogoya yang mengakibatkan korban meninggal dunia. "Yang melakukan penembakan adalah KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya," ujar Faizal Ramadhani.

“Pelaku, yang diidentifikasi sebagai anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya. berdasarkan keterangan saksi dan hasil identifikasi foto, pelaku menembak korban Raimon Gustam Kailimang dari jarak sekitar satu meter. Pelaku juga melakukan pemukulan terhadap Robi Belau, rekan korban, sebelum melarikan diri ke arah Gunung Wabuk,” lanjut Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno.



Saksi yang berada di lokasi kejadian adalah Robi Belau, warga Kampung Tigamasigi menjadi korban pemukulan KKB. Saat ini, Robi Belau masih menjalani Pemeriksaan oleh tim penyidik Ops Damai Caretnz-2024 dan Polres Intan Jaya untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Bayu Suseno menekankan bahwa korban merupakan masyarakat sipil dan bukan mata-mata pemerintah, seperti yang selalu dicurigai KKB. “Jenazah korban telah dievakuasi oleh Satgas Tindak Ops Damai Cartenz dan Satgas 509/BY ke Puskesmas Sugapa dan Jenazah korban direncanakan akan dikirim ke Makasar Kampung halamanya pada rabu 14 Agustus 2024,” pungkasnya.

Diketahui, korban bersama rekannya, Robi Belau turun ke kali untuk mengambil air. Setibanya di lokasi, mereka turun dari mobil dan mengeluarkan selang untuk menyedot air dari kali namun didatangi oleh pelaku dengan membawa senjata laras panjang hingga terjadi penembakan.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru