Kementan Bantu Pupuk Subsidi dan Mesin Pompa Air di Sulsel

Tim Sindomakassar
Kamis, 22 Agu 2024 19:33
Kementan Bantu Pupuk Subsidi dan Mesin Pompa Air di Sulsel
Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh bersama Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kementerian Pertanian (Kementan), memberikan bantuan 877 ribu ton pupuk bersubsidi dan 4.355 unit pompanisasi untuk pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan.

Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih kepada Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang telah memberikan berbagai bantuan tersebut.

"Ini sangat membantu di musim kemarau. Pompa air ini bisa mengairi sawah-sawah kita yang kemungkinan kekeringan karena musim kemarau yang panjang," ujar Prof Zudan, pada Pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga, di AAS Building, Jalan Urip Sumiharjo, Kamis, (22/08/2024).



Selain itu, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan bibit untuk tanaman tahunan seperti kopi, kakao, pala, dan kelapa. Total lahan yang dioptimalkan mencapai 10 ribu hektar.

"Ini akan menggerakkan kembali sektor hortikultura. Termasuk untuk optimalisasi lahan seluas 13.600 hektar. Kita terus optimalkan rawa-rawa untuk menuju swasembada pangan, khususnya di Sulsel," terang Prof Zudan.

Penjabat Gubernur Sulsel menyampaikan, dukungan Kementerian Pertanian ini sejalan dengan upaya Pemprov Sulsel untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Sulsel diharapkan dapat menjadi pemasok utama untuk kebutuhan padi, sayur, daging, ikan, serta buah-buahan.



"Sehingga kita bisa mendukung Ibu Kota Negara yang baru sesuai arahan Bapak Presiden. Sulawesi Selatan didorong untuk memenuhi kebutuhan di IKN, baik itu padi, sayur, daging dan ikan kemudian buah-buahan," pungkas Prof Zudan.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru