Novonesis Tampilkan Solusi Pangan Berkelanjutan di Food Ingredients Asia

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 10 Sep 2024 19:08
Novonesis Tampilkan Solusi Pangan Berkelanjutan di Food Ingredients Asia
Novonesis, hasil merger Novozymes dan Chr. Hansen pada tahun 2024, memperkenalkan solusi biosolutions unggulannya di Food Ingredients Asia Indonesia 2024 di JiExpo pada 4-6 September. Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Novonesis, hasil merger Novozymes dan Chr. Hansen pada tahun 2024, memperkenalkan solusi biosolutions unggulannya di Food Ingredients (FI) Asia Indonesia 2024 yang berlangsung di JiExpo pada 4-6 September 2024. Perusahaan ini, yang memiliki lebih dari 10.000 tenaga ahli di seluruh dunia dan berpengalaman di 30 industri berbeda, hadir untuk pertama kalinya sebagai perusahaan merger di acara ini dengan booth K22, Hall C.

Pemerintah Indonesia menargetkan tahun 2045 sebagai tahun Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia, memanfaatkan potensi besar dalam produksi pangan. Sebagai bagian dari strategi tersebut, penerapan biosolutions, atau solusi berbasis biologis, menjadi kunci dalam mengembangkan industri pertanian dan proses produksi makanan.

Novonesis menyajikan berbagai inovasi biosolutions yang mendukung tujuan ini dengan fokus pada tiga area utama: Biosolutions for Human Health, Food and Beverages, dan Planetary Health. Inovasi dari Novonesis menghadirkan solusi pangan berkelanjutan.

Biosolutions, produk, layanan, proses, dan peralatan yang memanfaatkan sumber daya biologis, menawarkan solusi berkelanjutan dalam produksi kebutuhan pokok dan bahan baku. Ini termasuk penghematan air, energi, dan bahan kimia berbahaya, serta mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil. Novonesis berkomitmen untuk "Memperbaiki Dunia Melalui Biologi."

Regional President APAC dan Senior Vice President Food & Beverage Biosolutions di Novonesis, Lensey Chen, mengungkapkan dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, Novonesis menyediakan layanan biosolutions di tiga area utama.

"Sesuai dengan tagline kami ‘There is a Biosolutions for (almost) everything,’ kami percaya bahwa solusi berbasis biologis dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia, meningkatkan kualitas makanan dan minuman, serta mengurangi dampak lingkungan. Saatnya kita menerapkan perubahan dan memasuki era biosolution,” ujar dia.

Di FI Asia Indonesia 2024, Novonesis menampilkan solusi yang dirancang khusus untuk Indonesia, seperti inovasi dalam efisiensi pengolahan makanan, produk yang lebih lezat, sehat, bergizi, dan rantai nilai pangan yang lebih berkelanjutan.

Global Marketing Vice President of Food and Beverage di Novonesis, Frederik Mejlby, menyampaikan solusi biologis adalah misi utama perusahaan. Pihaknya menawarkan biosolutions mutakhir, termasuk enzim, kultur, probiotik, dan protein presisi, untuk menjawab tantangan industri.

"Di booth kami, kami mengadakan cooking demo dengan daging nabati dan produk fermentasi susu, serta seminar tentang pemanfaatan biosolutions dalam industri roti dan susu fermentasi," kata dia.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor-Leste, Papua Nugini, dan ASEAN, His Excellency Sten Frimodt Nielsen, turut hadir dan mengatakan Novonesis menjadi kekuatan utama dalam sektor bahan baku Denmark yang mampu menghasilkan biosolution dengan memanfaatkan proses alami untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi secara berkelanjutan.

"Solusi ini dapat mendorong pembangunan berkelanjutan di sektor pangan dan pertanian di Indonesia, menciptakan ekonomi sirkular, serta energi hijau dan biofuel," ungkap dia.

Sekadar diketahui, Novonesis adalah perusahaan global terdepan di era biosolutions. Novonesis mengubah cara manusia memproduksi, mengonsumsi, dan menjalani kehidupan dengan memadukan mikrobiologi dan ilmu pengetahuan.

Biosolution dari perusahaan ini memberikan nilai tambah bagi ribuan pelanggan di lebih dari 30 industri dan mendukung keberlanjutan planet ini. Didukung oleh 10.000 karyawan di seluruh dunia, Novonesis bekerja sama dengan mitra dan pelanggan untuk menerapkan transformasi bisnis melalui biologi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru