Kolaborasi KALLA & Suryanesia Manfaatkan Energi Surya untuk Masa Depan Berkelanjutan

Tim Sindomakassar
Rabu, 11 Sep 2024 19:17
Kolaborasi KALLA & Suryanesia Manfaatkan Energi Surya untuk Masa Depan Berkelanjutan
Penandatanganan perjanjian ini berlangsung di sela-sela Kalla Youth Fest (KYF) 2024 yang diadakan di NIPAH Park pada Minggu (8/9/2024). Foto/Dok KALLA
Comment
Share
MAKASSAR - KALLA dan Suryanesia baru saja menandatangani perjanjian pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pengoperasian PLTS ini akan dilakukan di beberapa unit bisnis KALLA, termasuk NIPAH Park dan Kalla Toyota Gowa pada tahun ini.

Dengan memanfaatkan PLTS atap, KALLA akan memproduksi energi bersih sebesar 543.127 kWh dan mengurangi jejak karbon sebanyak 426.355 ton CO2e setiap tahunnya.

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen KALLA untuk membangun bisnis yang berkelanjutan serta memberikan dampak lingkungan dan sosial yang positif. PLTS atap juga merupakan contoh terbaru dari kebijakan dan program Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan.

Penandatanganan perjanjian ini berlangsung di sela-sela Kalla Youth Fest (KYF) 2024 yang diadakan di NIPAH Park pada Minggu (8/9/2024).

Hadir dalam acara tersebut adalah Marketing Strategy & Digitalization KALLA, Zumadi S.M. Anwar; Chief Executive Officer Kalla Land & Property, Ricky Theodores; Chief Finance Officer Kalla Automotive Transport & Logistics, Sjaiful Kasim; dan Founder dan CEO Suryanesia, Rheza R. Adhihusada.

Zumadi bilang kerja sama pemanfaatan PLTS ini merupakan salah satu bagian dari renewable energy dari KALLA. Sebenarnya, KALLA sudah punya yang terbesar di PLTA Poso dengan kapasitas 515 Mega Watt, kemudian ada juga di PLTA Kerinci dan pada beberapa wilayah lainnya.

"Dengan begitu, komitmen kita terhadap renewable energy tidak perlu diragukan lagi," ungkap Zumadi.

Dalam kesempatan yang sama, Rheza dari Suryanesia menyampaikan, pihaknya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh KALLA. Dengan begitu, dapat membantu KALLA dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. Dengan solusi Solar-as-a-Service dari Suryanesia, KALLA dapat memanfaatkan energi surya sebagai energi bersih tanpa belanja modal dan tanpa repot.

"Ya sebab, Suryanesia akan bertanggung jawab penuh terhadap pendanaan, perizinan, pembangunan, pengoperasian hingga pemeliharaan PLTS atap," tuturnya.

Suryanesia sendiri merupakan perusahaan energi bersih yang bertujuan untuk mengurangi tingkat gas rumah kaca sehingga manusia dapat hidup seimbang dengan alam. Selain di NIPAH Park dan Kalla Toyota Gowa, Suryanesia juga mengoperasikan PLTS atap di Gaia Bumi Raya City, Plaza IBCC, dan lokasi lainnya.

Kalla Youth Fest 2024 sukses digelar selama dua hari, 7-8 September 2024 di Rooftop NIPAH PARK. Pada edisi keenam kali ini, Kalla Youth Fest 2024 menghadirkan berbagi kegiatan seru seputar well being, environment, ESG danSustainability.

Selain kegiatan talkshow dan entertainment, Kalla Youth Fest 2024 memberikan ruang kepada seluruh pengunjung untuk berkontribusi terhadap lingkungan melalui Carbon Offset Program.

Dimana, 1 tiket pengunjung yang dibeli melalui Kallafriends sama dengan 1 bibit pohon. Tidak hanya itu, setiap transaksi minimal 5 ribu Rupiah melalui Kallafriends juga senilai 1 bibit pohon. Tercatat lebih dari 28 ribu bibit yang terkumpul dalam event ini.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru