37 Petahana Lolos 20 Besar Seleksi Calon Komisioner KPU di Sulsel

Ahmad Muhaimin
Senin, 10 Apr 2023 08:00
37 Petahana Lolos 20 Besar Seleksi Calon Komisioner KPU di Sulsel
Calon Komisioner KPU kabupaten/kota saat menjalani tes CAT beberapa waktu lalu. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak 37 petahana dari KPU dan Bawaslu dinyatakan lolos seleksi tes tertulis dan psikologi bakal calon (Bacalon) komisioner KPU di 11 kabupaten/kota. Tim seleksi (Timsel) masing-masing daerah sudah mengumumkannya pada Sabtu dan Ahad (8 & 10) April 2023.

Dari 34 petahana KPU kabupaten/kota, hanya 23 yang dinyatakan lolos 20 besar. Mereka ialah Muhammad Basir di Gowa. Harmita dan Nasaruddin di Bone. Hastuti, Adam Safar dan Muhammad Abu di Lutim.

Selanjutnya Abdul Syafah di Barru. Hayu Vandy P di Lutra. Syamsul dan Wawan Kurniawan di Bulukumba. Selanjutnya Umar dan Meilany di Maros. Saiful Mujib dan Saharuddin Hafid di Pangkep.



Kemudian Muh Hasbi, Andi Raehana dan Aspikal di Soppeng. Rahmat Hidayat dan Intan Parerungan di Tana Toraja. Serta Jan Hery Pakan, Anshar Tangkesalu, Roy Pole Pasalli dan Simeon Sarira di Toraja Utara.

Sementara untuk petahana Bawaslu yang menyeberang ke KPU, ada 14 nama yang lolos dari 17 calon yang mendaftar. Mereka ialah Abdul Mannan, Farida dan Akhiruddin Asaf dari Bawaslu Barru mendaftar di KPU Barru. Yusnaeni di Gowa, Bakri Abu Bakar dan Abdul Rahman di Bulukumba, Sukmawati Suaib dan Zaenal Arifin di Luwu Timur.

Selanjutnya Muhajirin di Luwu Utara, Hamsinar di Pangkep, Berthy Paluangan dan Serni Pindan di Tana Toraja, serta Nurlaelah di Soppeng. Adapun Hasmaniar Bachrun dari Bawaslu Sulsel mendaftar di KPU Maros.

Sekretaris Timsel Sulsel 2 meliputi Maros, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja dan Toraja Utara, Abdi Akbar mengatakan tahapan berikutnya masukan dan tanggapan masyarakat mulai 9 sampai 16 April 2023. Tanggal ini, ialah jadwal baru yang disampaikan oleh KPU pusat.

“Kemudian tes kesehatan dan tes wawancara pada Selasa (11/4) dan Kamis (13/4) di Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar dan Hotel Remcy Panakkukang Makassar,” kata Abdi Akbar saat dihubungi pada Ahad (9/4) kemarin.

Ketua Timsel Sulsel 1 meliputi Barru, Gowa, Bone, Bulukumba, Lutra dan Lutim, Prof Muhammad mengungkapkan rekam jejak calon komisioner menjadi pertimbangan. Apalagi jika pernah berkasus etik.



Ada tiga calon petahana KPU yang pernah disanksi etik dan tidak lolos 20 besar. Mereka ialah Syabil dan Supriadi di Lutra dan Masdar di Barru.

Prof Muhammad, hal itu menjadi pertimbangan penting pihaknya. "Semua info dan fakta terkait calon didalami oleh Timsel, termasuk putusan DKPP," jelasnya.

Adapun tes kesehatan dilaksanakan pada Senin (10/4) dan Rabu (12/4) April 2023 di RS TK II Pelamonia. Dan tes wawancara pada Minggu sampai Senin, 16-24 April 2023 di Hotel Swiss-Bel Inn Panakkukang, Makassar.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru