YHK dan SRE Gelar Gerakan Bagi Pohon, Usung Tema Aksilibrasi Bumi

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 14 Jun 2023 20:13
YHK dan SRE Gelar Gerakan Bagi Pohon, Usung Tema Aksilibrasi Bumi
YHK bersama SRE melaksanakan kegiatan Gerakan Bagi Pohon. Mengusung tema AKSILIBRASI BUMI (Aksi Asri Kalibrasi Bumi). Foto/Dok YHK
Comment
Share
MAKASSAR - Aktif Positif 2023 merupakan program dari Yayasan Hadji Kalla, dimana program tersebut mendukung berbagai kegiatan lembaga, komunitas, dan organisasi yang fokus menangani berbagai isu di lingkup sosial, kesehatan, dan lingkungan.

Berangkat dari program tersebut, seperti yang diketahui KALLA melalui Yayasan Hadji Kalla (YHK) berperan aktif dalam mengusung dan melaksanakan berbagai inovasi program CSR unggulan yang di antaranya bergerak di bidang lingkungan dan energi hijau. KALLA dengan semangat membangun bangsa, membuatnya berperan sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat sekitar maupun masyarakat secara luas dalam menjaga kelestarian lingkungan.



Beberapa waktu lalu tepatnya pada akhir bulan Mei kemarin, melalui Yayasan Hadji Kalla bersama SRE (Society of Renewable Energy) melaksanakan kegiatan Gerakan Bagi Pohon. Mengusung tema AKSILIBRASI BUMI (Aksi Asri Kalibrasi Bumi), kegiatan ini sebagai bentuk upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan.

Dalam rangkaian acara tersebut, Society of Renewable Energy yang sebagian besar keanggotaannya adalah Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin didukung oleh Yayasan Hadji Kalla, melakukan pembagian pohon produktif di sepanjang area car free day Sudirman.

Setiap anggota SRE turut berperan aktif dalam proses pembagian pohon dan edukasi kepada masyarakat terkait masalah iklim, mulai dari mempersiapkan informasi kondisi iklim, hingga berbagai gerakan yang dilakukan oleh para mahasiswa untuk menangkal isu tersebut. Salah satunya dengan menanam bibit pohon produktif. Selain itu, para mahasiswa juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan dan dampak positif dari penanaman pohon.

Salsa Syahrani, Ketua Panitia Kegiatan Aksilibrasi Bumi, menyampaikan Gerakan Aksilibrasi Bumi ini juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam penanaman pohon, dimana pihaknya membagikan bibit pohon jambu secara gratis yang diambil langsung dari pusat persemaian bibit di Parangloe, Gowa.

Total ada 100 bibit yang dibagikan dan bagi para pengunjung CFD yang mengikuti akun sosial media SRE, akan diberikan hadiah berupa totebag daur ulang. Dengan cara ini, diharapkan gerakan ini dapat menyebarluaskan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam.

"Apresiasi dan terima kasih tentunya kami sampaikan kepada Yayasan Hadji Kalla karena telah mendukung kegiatan kami ini lewat pendanaan di program Aktif Positif," kata Salsa.



Imran Kasim salah seorang warga menyampaikan sebagai warga Kota Makassar, dirinya merasa sangat beruntung dan senang mendapatkan bibit pohon gratis dari program ini. Inisiatif ini menunjukkan kepedulian dan komitmen dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

"Dengan menanam pohon, kita tidak hanya memberikan manfaat bagi alam, tetapi juga menciptakan udara yang lebih segar, mengurangi polusi, dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sejuk," paparnya.

Sementara itu Kurniawan Jaya selaku penanggung jawab program Aktif Positif menyampaikan melalui gerakan Aksilibarasi Bumi ini, mahasiswa ingin menekankan pentingnya pelestarian hutan dan penghijauan dalam menghadapi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru