Komisi V DPR RI Minta PSN di Sulsel Segera Diselesaikan

Gusti Ridani
Kamis, 15 Jun 2023 21:01
Komisi V DPR RI Minta PSN di Sulsel Segera Diselesaikan
Anggota DPR RI Komisi V melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (15/6/23). Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Anggota DPR RI Komisi V melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (15/6/23).

Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras menyebut, kunjungan yang dilakukan untuk membahas waktu penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) di Sulsel.

Salah satu proyek strategis yang menjadi topik yakni pembangunan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dimana pembangunan bandara tersebut sudah beberapa tahun melewati target yang ditentukan.



"Dimana kita sama-sama ketahui bahwa sudah beberapa tahun kita meminta kepada pihak angkasa pura agar bandara ini betul-betul bisa selesai 100 persen sesuai dengan apa yang ditargetkan. Tidak lagi mundur waktu pelaksanaannya," ujarnya.

Ia menegaskan, jika penyedia jasa tidak dapat menyelesaikan pekerjaan, pihaknya tidak segan untuk memutuskan kontrak dan menunjuk penyedia jasa yang baru.

Adapun terkait lahan sengketa milik salah satu warga, ia mengaku miris sebab persoalan tersebut sudah bertahun-tahun tidak dapat diselesaikan. Ia meminta pihak angkasa pura mengatasi lahan tersebut.

"Agak sedikit miris masyarakat kita ini, bertahun-tahun persoalan itu tidak selesai-selesai. Saya kira itu bisa jadi atensi bagi pihak angkasa pura, karena lahan tersebut terlalu dekat dengan jalur," bebernya.

Selain masalah bandara, pihaknya juga menyoroti pembangunan stadion di Makassar. Makassar sebagai salah satu kota besar, kata dia, harunya memiliki apa yang dimiliki kota lainnya.



"Kita berharap bahwa stadion ini bisa segera dibangun, namun kita memahami bahwa adanya kebutuhan lahan. Kita berharap dari pemerintah provinsi bisa menyiapkan lahan kemudian dalam hal ini kita bisa membantu mensupport untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan stadion tersebut," terangnya.

Dalam hal ini, ia meminta Pemprov menyediakan lahan untuk pembangunan stadion. Jika lahan sudah ada, pihaknya bersedia memasukkan anggaran untuk tahun 2024.

"Kementerian PUPR sudah sangat menyetujui. Apalagi ini (stadion) yang hampir dimiliki oleh kota-kota besar, tentunya kita berharap ada keberpihakan dari PUPR dalam hal anggaran. Kita mau ini kembali dibangun bertaraf internasional," harapnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru