Kloter Pertama Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air, Satu Jemaah Haji Wafat

Najmi S Limonu
Rabu, 05 Jul 2023 15:10
Kloter Pertama Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air, Satu Jemaah Haji Wafat
Rombonga Jemaah Haji Kloter pertama Debarkasi Makassar saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Rabu, (05/07/2023). Foto: Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Rombongan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Makassar mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin pada, Rabu, (05/07/2023) pukul 10.55 wita. Salah satu jemaah haji kloter ini meninggal di Arab Saudi.

Mereka bertolak dari Arab Saudi melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah pada hari Selasa (4/7) dengan menggunakan pesawat Garuda GA 1201.



Ketua Kloter pertama, Juhria mengatakan, secara umum seluruh kondisi jemaah haji terbilang baik dan sehat selama menjalankan ibadah haji. Meski begitu ada salah seorang jemaah haji yang pulang dalam kondisi terinfus.

Juhria mengatakan, jemaah haji yang sakit tersebut atas nama Andi. Dia didiagnosa mengalami sakit tipes.

"Yang bersangkutan sudah dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. Tapi dia diizinkan kembali ke tanah air. Makanya dia tetap diinfus selama dalam pesawat," ujarnya.

Meski pulang dengan jumlah 392 jemaah, namun kata Juhria salah satu Jemaah yang tergabung di kloter pertama wafat di Arab Saudi sesaat setelah pelaksanaan tahallul dilakukan.

"Ada jemaah haji di kloter kami yang meninggal, atas nama Nurmi B Dwi Yasin. Dia meninggal dunia di Mina setelah proses Tahallul selesai. Dia tidak sakit dan tidak juga menjalani perawatan di rumah sakit. Mungkin ibu itu kelelahan," jelasnya.

Sementara itu General Manager Angkasa Pura Bandara ainternasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi mengatakan, manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah mempersiapkan fasilitas infrastruktur, prosedur operasional dan layanan serta personil bandara untuk membantu kelancaran proses debarkasi Haji.



"Alhamdulillah hari ini jemaah haji tiba di Bandara Sultan Hasanuddin sesuai dengan jadwal. Debarkasi Haji ini dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini sampai 3 Agustus 2023 dengan total 41 kloter yang akan difasilitasi. Semoga kegiatan Debarkasi lancar hingga selesai kegiatan," ujar Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, pengelola bandara selalu siap mendukung serta memastikan operasional bandara tetap berjalan lancar sesuai dengan standar pelayanan yang mengutamakan prinsip Safety, Security, and Compliance.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru