LAZ Hadji Kalla Gandeng Rumah Zakat Gelar Seminar Parenting Islam

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 11 Jul 2023 18:30
LAZ Hadji Kalla Gandeng Rumah Zakat Gelar Seminar Parenting Islam
LAZ Hadji Kalla bekerja sama dengan Rumah Zakat menggelar kegiatan Seminar Parenting Islam yang diadakan selama dua hari di SMPN 37 Kaluku Bodoa pada 5-6 Juli 2023. Foto/Dok YHK
Comment
Share
MAKASSAR - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Hadji Kalla bekerja sama dengan Rumah Zakat menggelar kegiatan Seminar Parenting Islam yang diadakan selama dua hari di SMPN 37 Kaluku Bodoa pada 5-6 Juli 2023. Program ini dijalankan oleh Bidang Educare LAZ Hadji Kalla dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam menjaga keharmonisan keluarga melalui perspektif Islam.

Dalam kegiatan tersebut, Ustadzah Mukhlisah menjadi pembicara yang membahas mengenai 'Manajemen Emosional dalam Pengasuhan Anak'. Dalam materi ini, peserta diajarkan untuk mengelola emosi dengan baik dalam mengasuh anak, sehingga tercipta lingkungan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang.

Selain Ustadzah Mukhlisah, hadir pula Yassir Arafat Usman, yang merupakan seorang Psikolog, dimana pada kesempatan tersebut membawakan materi tentang 'Merawat Family Mental Health dengan Empathic Communication'. Materi ini memberikan pemahaman tentang pentingnya komunikasi empatik dalam merawat kesehatan mental keluarga, sehingga tercipta hubungan yang saling mendukung dan memahami antaranggota keluarga.



Seminar Parenting ini diikuti oleh 33 orang peserta yang antusias dan bersemangat untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga mereka. Dari total peserta, sebanyak 31 orang adalah perempuan dan 2 orang adalah laki-laki. Rentang usia peserta berkisar antara 25 hingga 62 tahun.

Selain peserta, kegiatan ini juga dihadiri oleh Suryadi sebagai Kepala Kelurahan Kaluku Bodoa, Amir selaku Pimpinan Rumah Zakat Sulsel, dan perwakilan dari LAZ Hadji Kalla, Therry al Ghifari selaku Program Manager Bidang Educare.

Salah satu peserta, Alimuddin (36), merasa sangat bersyukur dengan kegiatan ini. Ia mengucapkan rasa syukur dan kebahagiaannya karena mendapatkan pengetahuan tentang menjaga keharmonisan keluarga. Alimuddin berharap setelah mengikuti seminar parenting ini, dirinya dapat menerapkan pembelajaran tersebut dalam kehidupan keluarganya agar menjadi keluarga yang harmonis.

Kepala Kelurahan Kaluku Bodoa, Suryadi Yamin, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Pihaknya mengapresiasi LAZ Hadji Kalla atas kegiatan ini, materi yang disampaikan juga sangat bermanfaat. "Kami berharap peserta dapat mengambil manfaat dari apa yang telah disampaikan secara maksimal untuk diterapkan dalam kehidupan keluarga masing-masing,” ucap dia.

Sementara itu, Therry al Ghifari selaku Program Manager Bidang Eduare, mengungkapkan melalui program ini diharapkan terjadi perubahan yang baik dalam pola perilaku pengasuhan dari para peserta. Pihaknya berharap melalui pelatihan parenting Islami ini, peserta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menjaga keharmonisan keluarga sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Ia berharap setiap peserta dapat menerapkan pembelajaran ini dalam kehidupan sehari-hari, menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka, dan membentuk keluarga yang penuh kasih sayang, harmonis, dan berkeadilan. Dengan adanya kesadaran dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini, pihaknya berharap dapat mencegah potensi perilaku kekerasan terhadap anak dan membentuk generasi yang kuat dalam iman, akhlak, dan budi pekerti.



"Semoga program parenting Islami ini menjadi langkah awal dalam membentuk keluarga yang kokoh dan membawa berkah bagi masyarakat sekitar," jelasnya.

LAZ Hadji Kalla berharap pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan lewat program ini bisa diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta keluarga yang harmonis dan bahagia.

LAZ Hadji Kalla adalah bagian dari Yayasan Hadji Kalla yang mengelola berbagai program bantuan langsung yang dikelola oleh Yayasan Hadji Kalla. Yayasan Hadji Kalla telah terdaftar resmi menjadi Lembaga Amil Zakat berskala nasional sejak Desember 2019. LAZ Hadji Kalla mengelola program bantuan langsung seperti, sembako idul fitri, iftar ramadan, dan berbagai bentuk bantuan lainnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru