Dukung Program Keberlanjutan, PT Semen Tonasa Dukung Operasional Plant Badriah

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 07 Sep 2023 14:04
Dukung Program Keberlanjutan, PT Semen Tonasa Dukung Operasional Plant Badriah
Plant Badriah alias Bahan Bakar dari Sampah di Desa Padang Lampe, Kecamatan Marang, Kabupaten Pangkep resmi dioperasikan. Foto/Dok Semen Tonasa
Comment
Share
PANGKEP - Plant Badriah alias Bahan Bakar dari Sampah di Desa Padang Lampe, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep resmi dioperasikan. Kehadiran sarana pengolahan sampah menjadi bahan bakar berbasis Refuse Derived Fuel (RDF) itu didukung penuh oleh PT Semen Tonasa, karena selaras dengan program keberlanjutan.

Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Anis, menyampaikan dukungannya atas mulai beroperasinya Plant Badriah ini. PT Semen Tonasa sebagai offtaker bahan bakar yang dihasilkan oleh Plant Badriah disebutnya tentu saja sangat menyambut gembira.

"PT Semen Tonasa siap menjadi suar penggunaan energi berbahan dasar sampah di Sulawesi Selatan khususnya dan di Indonesia Timur umumnya. Karena itu, sebagai offtaker dari Plant Badriah ini, kami telah membangun beberapa fasilitas pendukung di plant site atau pabrik kami, sehingga nantinya bahan bakar hasil pengolahan sampah ini bisa kami manfaatkan sebagai energi alternatif dalam proses produksi," ungkap dia.

Anis menambahkan dengan keberadaan suplai bahan bakar dari sampah, diharapkan dapat meningkatkan Thermal Substitution Rate (TSR) atau substitusi energi panas yang sedang digalakkan oleh PT Semen Tonasa dalam lima tahun terakhir. Keberadaan Plant Badriah pun mendukung program keberlanjutan dan transisi energi baru terbarukan alias EBT yang juga terus didorong perseroan.

"Saat ini, dengan penggunaan sekam padi serta limbah pertanian lainnya, kami berhasil mensubtitusi energi panas dalam proses produksi sampai dengan 15%. Dengan adanya bahan bakar dari sampah yang dikeluarkan oleh Plant Badriah ini, kami berharap pada tahun-tahun mendatang bisa mencapai hingga 25%."

"Ini tentu saja akan semakin memperkuat komitmen kami dalam hal penggunaan energi terbarukan dan juga mendukung program keberlanjutan," sambung Anis.

Plant Badriah di Kabupaten Pangkep ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, pada Sabtu (2/9/2023) pekan lalu .
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru