Unibos Teken MoU dengan WSG University Poland dan Universitas Dhyana Pura Bali

Ansar Jumasang
Kamis, 23 Feb 2023 17:51
Unibos Teken MoU dengan WSG University Poland dan Universitas Dhyana Pura Bali
Perwakilan dari Universitas Unibos, WSG University Poland dan Universitas Dhyana Pura Bali setelah kesepakatan MOU pengembangan institusi. Foto/Sindo Makassar/Ansar Jumasang
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Bosowa (Unibos) meneken perjanjian kerja sama (MoU) dengan dua perguruan tinggi, Kamis (23/2/2023). Perguruan tinggi itu masing-masing WSG University Poland dan Universitas Dhyana Pura Bali.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Wakil Rektor 2 Unibos, Zulkifli Maulana dan tim International Office dari Unibos, serta Dekan Fakultas Psikologi Unibos.

Kerja sama juga ditandatangani Rektor Universitas Dyhana Pura, I Gusti Bagus Rai Utama dan jajarannya. Chancelor WSG University Poland, Filip Sikora serta Zdzislaw Polkowski selaku Rector’s Representative untuk kerja sama internasional.

Baca juga: Jelang Tahun Politik, Kemenag Sulsel Gelar Rakor Deteksi Dini Aliran Paham Keagamaan

Wakil Rektor 2 Unibos, Zulkifli Maulana mengatakan, melalui MoU ini, Unibos melakukan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian berupa pertukaran mahasiswa, khususnya pertukaran budaya dalam program summer school, visiting scholar atau profesor.

"Khusus WSG University Poland membuka peluang bagi Unibos sebagai mitra dalam program Erasmus Plus, yang membuka peluang bagi kedua universitas dalam pengembangan SDM. Hal tersebut yakni beasiswa bagi mahasiswa dan dosen yang akan melanjutkan studi ataupun visiting professor," ujar Zulkifli.

Tak hanya itu, peningkatan publikasi ilmiah melalui joint research collaboration juga menjadi program utama dalam kerja sama ini.

Baca juga: Pemuda di Gowa Diringkus Polisi Usai Diduga Lakukan Tindak Sodomi

Zulkifli mengungkapkan rasa syukur, dengan adanya kerja sama dengan universitas di Eropa menjadi penunjang dalam akreditasi dan pengembangan institusi.

"Kita berharap tentunya ini bukan cuma dalam bentuk MuU saja, tapi bagaimana menindaklanjuti dalam bentuk kegiatan yang nyata, seperti pertukaran mahasiswa, joint research collaboration, visiting professor, baik daring ataupun luring," ungkapnya.

Zulkifli menyebut, pihak WSG University Poland akan memberikan kesempatan bagi Unibos untuk mempelajari teknologi di Polandia.

Baca juga: Kemenhub Turun Tangan Soal Penghentian Pengapalan di Terminal Khusus PT CLM

"Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan Unibos, khususnya Bosowa merupakan salah satu universitas privat yang memiliki nama besar sebagai kampus yang memiliki jaringan corporate," ucapnya.

Kerja sama tersebut sangat menarik bagi WSG University Poland seperti Fakultas Psikologi dan Agroteknologi dalam peningkatan penguasaan teknologi bidang neurocognitive psychology dan pada bidang pertanian.

"Sebagai universitas ekonomi yang banyak mengkaji pengembangan ekonomi dan bisnis, Universitas Poland berharap Unibos dapat mengirim dosen yang memiliki kemampuan untuk mempelajari teknologinya," tutup Zulkifli.

Baca juga: Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi sebagai Calon Presiden Alternatif
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru