Operasi JAGRATARA, Kanim Makassar Mitigasi Risiko Jelang Tahun Baru dan Pemilu

Tim Sindomakassar
Kamis, 28 Des 2023 15:37
Operasi JAGRATARA, Kanim Makassar Mitigasi Risiko Jelang Tahun Baru dan Pemilu
Petugas Imigrasi Makassar saat melakukan operasi JAGRATARA di salah satu perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Menyambut libur Natal dan tahun baru, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar menggelar operasi JAGRATARA di wilayah kerjanya.

JAGRATARA merupakan operasi pengawasan orang asing yang dilaksanakan serentak dengan arahan terpusat oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia.

Operasi ini melibatkan tim Kanim Makassar dan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan. Kegiatan dilakukan selama 2 hari, 27 dan 28 Desember 2023. Operasi menyasar beberapa perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing.

Dalam operasi pengawasan ini, dilakukan pemerikasaan dokumen keimigrasian seperti paspor dan izin tinggal. selain itu petugas juga memeriksa kesesuaian antara visa atau izin tinggal dengan izin kerja yang dimilikinya.

Tak hanya memeriksa, petugas juga memberikan himbauan kepada orang asing yang berada di wilayah kerjanya untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan selama berada di Indonesia.



Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra dalam arahannya pada apel pra pengawasan meminta para petugas yang melakukan pemeriksaan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan ramah, serta tetap menjaga keamanan dalam bertugas.

Kegiatan JAGATRA ini merupakan inisiasi dari Direktur Jendral Imigrasi melalui surat keputusan tentang pembentukan Satuan Tugas Operasi JAGRATARA Pengawasan Orang Asing Secara Serentak pada seluruh wilayah kerja unit pelaksana teknis Imigrasi di Seluruh Indonesia pada 2023, dalam rangka rangkaian pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024 serta Pemilu dan Pilkada 2024.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru