Sukseskan MotoGP Mandalika 2024, XL Axiata Siapkan 81 BTS 4G

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 25 Sep 2024 14:48
Sukseskan MotoGP Mandalika 2024, XL Axiata Siapkan 81 BTS 4G
XL Axiata memastikan jaringan 4G di Lombok siap mendukung ajang balap dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, NTB, pada 27-29 September 2024. Foto/Istimewa
Comment
Share
LOMBOK - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok siap mendukung ajang balap dunia MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, NTB, yang berlangsung pada 27-29 September 2024.

XL Axiata telah menyiapkan 81 BTS 4G untuk menjangkau seluruh area strategis dari Bandara Internasional Lombok di Praya hingga kawasan Kuta Mandalika, serta sepanjang bypass BIL-Mandalika.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, menyatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya kembali menyiapkan tim penuh untuk memastikan jaringan XL Axiata dalam kondisi prima selama MotoGP berlangsung.

"Kami ingin memastikan bahwa pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, dapat menikmati layanan telekomunikasi dan data berkualitas tinggi, terutama di area Sirkuit Mandalika," kata dia.

Dodik juga menambahkan potensi lonjakan trafik sangat besar mengingat popularitas MotoGP dan kehadiran penonton internasional. Dengan semakin banyak orang di Mandalika, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi berkualitas juga meningkat.

XL Axiata juga mempermudah wisatawan dan tamu internasional dalam mengakses layanan telekomunikasi serta registrasi kartu. Jumlah BTS di sekitar area sirkuit telah meningkat sejak 2022, dan kini ada 37 BTS 4G, meningkat hampir 54% dalam dua tahun terakhir.

Untuk area sirkuit, XL Axiata menerapkan teknologi Massive MIMO guna meningkatkan kapasitas data dan menjaga stabilitas layanan meski terjadi lonjakan trafik. Selain itu, satu unit mobile BTS juga disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas data selama acara.

Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, menjelaskan peningkatan kualitas jaringan 4G tidak terbatas pada Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan ke seluruh Lombok, baik di wilayah perkotaan maupun ke area yang sebelumnya belum terjangkau. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata sudah melayani 598 desa/kelurahan di Lombok.

Di kawasan wisata populer, XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan tetap terjaga, seperti di Sembalun dengan 14 BTS 4G, Pink Beach Lombok Timur dengan 3 BTS, Gili Trawangan dengan 13 BTS, dan beberapa kawasan lainnya.

Di Mataram sebagai kota terbesar, XL Axiata mengoperasikan 399 BTS. Jaringan ini telah diperluas dengan total lebih dari 4.100 BTS di seluruh Lombok, termasuk lebih dari 2.500 BTS 4G.

XL Axiata juga terus memperluas layanan Voice over LTE (VoLTE) ke hampir seluruh Indonesia, termasuk Lombok. VoLTE memungkinkan percakapan melalui jaringan data LTE dengan kualitas suara yang lebih jernih.

Pelanggan dapat menikmati layanan ini tanpa perlu registrasi khusus atau membeli paket tambahan, cukup dengan kartu SIM 4G yang kompatibel dan berada di area layanan VoLTE.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru