Peminat Calon Anggota KPU Sulsel Capai 584 Akun, Pendaftar Bawaslu 20 Orang

Ahmad Muhaimin
Selasa, 14 Feb 2023 05:52
Peminat Calon Anggota KPU Sulsel Capai 584 Akun, Pendaftar Bawaslu 20 Orang
Ketua Timsel KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappaselleng. Foto: Dok Timsel KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Peminat calon anggota KPU Sulsel membludak. Pasalnya sudah ratusan akun yang dibuat di Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA), sesuai dari pantauan staf tim seleksi (Timsel).

Ketua Timsel KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappaselleng mengatakan total sebanyak 584 akun yang dibuat di SIAKBA. Rinciannya ialah 302 laki-laki dan 282 perempuan.

“Betul, ini baru di SIAKBA, mendaftar akun. Mereka harus melengkapi berkas, sesudah itu ke sekretariat diverifikasi. Semoga pendaftar dimudahkan urusannya,” kata Dhilah saat dihubungi pada Senin, 13 Februari 2023 kemarin.



Meski begitu, Dhilah mengapresiasi antusias masyarakat yang berbondong-bondong berniat mengikuti seleksi calon anggota KPU Sulsel. Walau baru sebatas membuat akun di SIAKBA.

“Ini luar biasa, dulu tidak mencapai 200. Animo masyarakat luar biasa, termasuk perempuannya. Semoga mereka dimudahkan dalam pemberkasannya,” ujarnya.

Menurut Dhilah, adanya pendaftaran melalui online menjadi faktor banyaknya peminat sebagai penyelenggara Pemilu, dibanding pada Pemilu sebelumnya. Akademisi UMI ini juga merupakan Timsel KPU Sulsel periode lalu.

Ini juga dibantu aplikasi SIAKBA, jadi mereka dengan mudah mengisi data. Nanti kita tinggal menunggu verifikasi berkasnya,” jelasnya.

Dhilah belum mau menyampaikan siapa-siapa saja yang sudah mendaftar. Namun saat ini, bakal calon anggota sedang melengkapi berkasnya di SIAKBA.

“Iye, mereka masih proses pemberkasan, upload dan penyempurnaan persyaratan. (Pendaftar) masih wajah baru. Kayaknya masih pendatang baru,” tandasnya.



Sementara itu, sudah ada 20 orang yang resmi mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu Sulsel. Mereka sudah melengkapi berkas pendaftarannya di SIAKBA.

“Informasi dari staf timsel. Jumlah yang telah menyerahkan berkas pendaftaran dan segala persyaratannya hingga hari kedua pendaftaran komisioner Bawaslu Sulsel telah mencapai 20-an orang,” ungkap Ketua Timsel Bawaslu Sulsel, Suparno saat dihubungi terpisah, kemarin.

Suparno menuturkan, peminat calon anggota Bawaslu Sulsel juga tidak kalah banyak. Mereka juga sudah membuat akun dan mengambil formulir. Namun belum melengkapi berkasnya.

“Ini yang dianggap sebagai pendaftar. Tetapi banyak juga yang sudah mengambil formulir tetapi belum mengembalikan sehingga belum dianggap sebagai pendaftar. Dari 20-an yang telah menyerahkan berkas pendaftaran, ada beberapa pelamar yang berkasnya belum lengkap,” kuncinya.

Pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu Provinsi sudah dibuka sejak 10 sampai 21 Februari 2023. Jika dianggap perlu, pendaftaran bisa diperpanjang mulai 22 sampai 27 Februari mendatang.

(RPL)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Sulsel
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan serentak 2024 beberapa titik di Kecamatan Binamu, Turatea, Batang dan Arungkeke Jeneponto.
Minggu, 07 Jul 2024 16:23
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Sulsel
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sukmawati Suaib mengungkapkan ada empat kasus pidana pemilu yang telah mendapatkan putusan berkekuatan hukum tetap atau inkracht.
Minggu, 07 Jul 2024 13:01
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Sulsel
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Dua Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) harus menyeberangi sungai demi melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih di Takalar.
Jum'at, 05 Jul 2024 20:00
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Sulsel
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Pengadu ialah warga Maros, Andry Ridwan.
Kamis, 04 Jul 2024 15:59
Berita Terbaru