Imigrasi Polman Gelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing

Tim Sindomakassar
Rabu, 18 Okt 2023 18:23
Imigrasi Polman Gelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) menggelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing pada Selasa (17/10/2023). Foto/Dok Imigrasi Polman
Comment
Share
POLMAN - Guna mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman)menggelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing pada Selasa (17/10/2023).

Sasaran operasi gabungan pengawasan orang asing kali ini adalah hotel-hotel yang biasa dijadikan tempat menginap orang asing yang berkunjung di Kabupaten Polman.

Hotel Liliyanto menjadi yang pertama didatangi dalam operasi gabungan ini. Selanjutnya, ke Hotel Ratih, Hotel Sinar Mas dan Hotel Nirmala. Petugas menyampaikan maksud dan tujuan disertai dengan memperlihatkan surat tugas kepada manajemen Hotel.

Pada hotel-hotel tersebut, petugas melakukan pengawasan lapangan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keberadaan orang asing serta memberikan penjelasan kewajiban dari hotel untuk melaporkan setiap orang asing yang menginap di hotel.

Dari hasil operasi gabungan pengawasan orang asing ini, tidak ditemukan keberadaan orang asing. Namun manajemen hotel akan melaporkan apabila ada orang asing yang berkunjung dan menginap di hotel.

Selain pengawasan lapangan dan pemeriksaan keberadaan orang asing, petugas juga menyampaikan mengenai tata cara melakukan pelaporan orang asing melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman untuk mempermudah dalam pelaporan dan pertukaran informasi.

Dalam evaluasi pelaksanaan operasi gabungan pengawasan orang asing, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman, Erybowo Radyan Asmono mengatakan operasi gabungan ini sangat penting guna deteksi dini dan cegah dini atas adanya potensi pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing.

"Saya mengapresiasi semua pihak yang telah hadir dalam operasi gabungan pengawasan orang asing kali ini karena telah berkomitmen menjaga keamanan negara dan penegakkan hukum khususnya berkaitan dengan keimigrasian di wilayah Kabupaten Polewali Mandar," ujar Erybowo.

Ia menambahkan kehadiran Tim PORA ini adalah untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional dari dampak negatif yang timbul dari orang asing yang datang ke Indonesia dan diharapkan ke depannya pertukaran informasi mengenai keberadaan orang asing dapat terus terjalin.

Operasi gabungan pengawasan orang asing ini terdiri dari instansi yang tergabung menjadi anggota Tim PORA. Di antaranya Komando Distrik Militer 1402/Polewali Mandar, Kepolisian Resor Polewali Mandar, Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Polewali Mandar.

Selain itu, turut hadir juga Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar serta Perwakilan Badan Intelijen Negara Daerah Kabupaten Polewali Mandar.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru