Prof Hamdan Juhannis Kukuhkan 3 Guru Besar Baru UIN Alauddin

Luqman Zainuddin
Kamis, 15 Agu 2024 08:17
Prof Hamdan Juhannis Kukuhkan 3 Guru Besar Baru UIN Alauddin
Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis mengukuhkan tiga guru besar, kemarin. Mereka yakni Prof Dr Hamzah M Ag, Prof Dr Hj Halimah Basri, dan Prof Dr Hj Andi Miswar. Foto: Istimewa
Comment
Share
GOWA - Rektor UIN Alauddin Makassar Prof H Hamdan Juhannis mengukuhkan tiga guru besar baru, kemarin. Pengukuhan dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka Luar Biasa di Auditorium Kampus II UIN Alauddin.

Tiga guru besar yang dikukuhkan itu yakni Prof Dr Hamzah M Ag, Prof Dr Hj Halimah Basri M Ag, dan Prof Dr Hj Andi Miswar M Ag.

Prof Dr Hamzah diangkat sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dalam pidato pengukuhannya, mantan Rektor IAIN Sorong itu menyampaikan orasi ilmiah berjudul Era Baru Ekonomi Islam: Integrasi Zakat dan Program Pemerintah untuk Ketahanan Ekonomi Nasional.

Ia menyoroti pentingnya integrasi zakat dengan program-program pemerintah untuk membangun ketahanan ekonomi nasional yang lebih kuat dan berkeadilan.

Prof Dr Hj Halimah Basri M Ag menjadi guru besar dalam Bidang Ilmu Ulumul Qur'an pada Fakultas Syariah dan Hukum. Ia menyampaikan orasi bertajuk Tafsir Progresif Terhadap Hak Waris Perempuan Dalam Al-Qur'an: Mencari Keseimbangan Antara Teks dan Konteks.

Perempuan kelahiran Tanete, Kabupaten Bulukumba itu menekankan pentingnya pendekatan progresif dalam memahami hak-hak waris perempuan, dengan mempertimbangkan keseimbangan antara teks suci dan konteks sosial yang terus berkembang.

Terakhir, Prof. Dr Hj Andi Miswar M Ag dikukuhkan dalam Bidang Ilmu Tafsir pada Fakultas Adab dan Humaniora. Dia menyampaikan orasi berjudul Literasi Perempuan dalam Gaya Bahasa Al-Qur'an: Menstarter Kompetensi Perempuan Dari Tafsir Patriarki.

Dalam pidatonya, Prof Andi Miswar menggarisbawahi peran penting literasi perempuan dalam memahami bahasa Al-Qur'an dan mengajak untuk keluar dari tafsir-tafsir yang patriarki, menuju interpretasi yang lebih inklusif.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis, menyampaikan ucapan selamat kepada tiga Guru Besar abru dikukuhkan.

Rektor bilang, ada lima tuntutan keberhasilan yang harus ditanamkan kepada anak-anak masa depan. Rektor mengingatkan pentingnya kerja keras, kesabaran, konsistensi, kedisiplinan, dan percaya diri sebagai pondasi untuk meraih kesuksesan.

"Guru besar yang dikukuhkan hari ini adalah teladan dalam memenuhi kelima tuntutan tersebut," ujar Prof. Hamdan.

"Mereka telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras, kesabaran, konsistensi, kedisiplinan, dan percaya diri, kita dapat mencapai prestasi yang luar biasa. Saya berharap nilai-nilai ini dapat diwariskan kepada generasi mendatang," tambah Prof Hamdan Juhannis.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru