KPPU dan Pemkot Parepare Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan

Darwiaty Dalle
Senin, 20 Mar 2023 18:23
KPPU dan Pemkot Parepare Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan
KPPU Sulsel bersama Pemkot Parepare melakukan pemantauan harga dan ketersediaan pasokan sembako jelang Ramadan. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan pemantauan harga dan ketersediaan sembako di Pasar Semi Modern Parepare, Senin (20/3/2023).

Pemantauan dilakukan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, didampingi Kepala Kantor Wilayah VI KPPU Makassar Hilman Pujana, Kepala Dinas Perdagangan Prasetyo Catur, Kepala Dinas PKP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Sekretaris Dinas Perdagangan.

Hilman usai pemantauan mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui pergerakan harga dan ketersediaan distribusi komoditas pangan menjelang Ramadan.



"Sekaligus mencari tahu apakah ada kendala-kendala distribusi yang terjadi di semua komoditas menjelang Ramadan," jelasnya.

Terkait harga, kata Hilman, terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, di antaranya daging ayam, telur, dan juga cabai.

"Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. tadi ayam, kemudian telur juga naik. Kenaikan paling signifikan terjadi pada komoditi cabai, yang naik hingga 10 ribu rupiah dari harga sebelumnya," ujarnya.



Terkait harga cabai kata Hilman, kenaikan dipicu karena ketersediaan komoditas tak hanya memasok kebutuhan di wilayah Sulsel, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan cabai di wilayah Kalimantan Timur, hingga pulau Jawa.

Sementara itu, Wakil Wali kota Parepare, Pangerang Rahim mengatakan, lonjakan harga sejumah komoditas sembako diharapkan tidak terlalu mempengaruhi daya beli masyarakat, sehingga bisa tetap lebih terjangkau.

"Tapi jika nantinya dianggap perlu, Pemkot Parepare tentu akan melakukan antisipasi agar harga biisa tetap terjangkau bagi masyarakat melalui operasi pasar dan pasar murah, dalam rangka stabilisasi harga," tandasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru