Digelar 2 Kali, KPU Sulsel Belum Tentukan Tema Debat Pilgub 2024

Ahmad Muhaimin
Kamis, 03 Okt 2024 21:57
Digelar 2 Kali, KPU Sulsel Belum Tentukan Tema Debat Pilgub 2024
Ketua KPU Sulsel, Hasbullah. Dok KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menetapkan lokasi debat Pilgub tetap diselenggarakan di Makassar. Tema yang diperdebatkan menyesuaikan dengan PKPU dan akan didiskusikan dengan pasangan calon (Paslon).

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan bahwa untuk pelaksanaan debat Pilgub pihaknya telah menentukan beberapa hal. Salah satunya, seluruh debat dilaksanakan di Makassar.

"Tempatnya di konsentrasikan di Makassar karena mobilisasi pengamanan, ini lebih efektif," ucapnya. Adapun jadwalnya hanya dua kali yakni (28/10) dan (10/11).

“28 Oktober ini hari sumpah pemuda dan 10 November hari pahlawan. Rencana tanggal itu yang kita mau pelaksanaan debat,” sebut Hasbullah.



Dia menuturkan, untuk materi debat itu seperti yang ada di PKPU Kampanye. Yakni akan membahas perihal dengan pembangunan daerah, terkait dengan kesinambungan visi misi dengan RPJPD. Namun soal temanya tetap akan didiskusikan dengan tim paslon.

Menurut Hasbullah, melihat kondisi dan berdasarkan diskusi, akhirnya disepakati pelaksanaan debat hanya dua kali. Dan efektivitasnya debat hanya dilakukan di Makassar.

"Soal pelaksanaan debat yang hanya dua kali, ini juga akan dikonsultasikan ke paslon, itu belum diputuskan," tuturnya.



Dia juga menyampaikan bahwa sebenarnya untuk Kabupaten/kota ada yang hanya bisa satu kali melakukan debat, karena keterbatasan anggaran.

"Tetapi soal itu masih sementara kita meminta untuk mengajukan revisi anggaran kalau memungkinkan. Kita serahkan ke Kabupaten/kota, yang jelas di PKPU maksimal 3 kali," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru