Forkopimda Kompak Pastikan Pilkada di Bantaeng Aman dan Kondusif

bahar karibo
Rabu, 16 Okt 2024 10:34
Forkopimda Kompak Pastikan Pilkada di Bantaeng Aman dan Kondusif
Rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan KPU dan Bawaslu yang berlangsung di Aula Hotel Pantai Marina, Selasa 15 Oktober 2024. Foto: SINDO Makassar/Bahar K
Comment
Share
MAKASSAR - Kapolres Bantaeng AKBP Nur Prasetyantoro Wira Utomo, menegaskan jelang pemungutan suara Pilkada 2024 pada 27 November mendatang, kondisi kemanan cukup kondusif.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Nur Prasetyantoro Wira Utumo, saat rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan KPU dan Bawaslu yang berlangsung di Aula Hotel Pantai Marina, Selasa 15 Oktober 2024.

Menurut Kapolres, potensi gangguan kamtibmas dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 selalu ada. Oleh karena itu Polri bersama TNI selalu hadir ditengah masyarakat untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan aman dan lancar.

"Kondisi keamanan secara umum hingga saat ini di Kabupaten Bantaeng relatif aman dan terkendali, kendati demikian, terjadi beberapa dinamika," kata Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres dengan tegas menyampaikan terkait dengan adanya penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal, merupakan kriminal murni, kejadian tersebut tidak berkaitan dengan pilkada.

"Polisi bersama TNI siap menangani pengamanan di manapun," kata Nur Prasetyantoro.

Dengan demikian, kata dia seluruh jajaran Forkopimda dan OPD, Camat, Lurah untuk bersama sama menjaga keamanan di wilayah Bantaeng, khususnya maraknya berita hoax dan tersebar akun akun bodong di mesia sosial.

"Sampai saat ini semua aman terkendali, kita akan terus mengawal hingga pasca pemilihan," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, menekankan pentingnya sinergi antara Forkopimda, KPU, aparat keamanan, dan Stakeholder lainnya untuk menciptakan situasi yang kondusif selama proses Pilkada.

Ia juga menyampaikan dari berbagai arahan dan masukan terkait tupoksi masing-masing Instusi baik KPU,TNI, Polri, Bawaslu, maupun pihak kejaksaan pada persiapan pilkada serentak di Kabupaten Bantaeng siap untuk menyukseskan jalannya Pilkada serentak tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng, Muhammad Saleh, menyampaikan bahwa berdasarkan pemetaan yang di lakukan KPU Kabupaten Bantaeng ada sebanyak 341 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk digunakan dalam proses pencoblosan Pilkada Bantaeng 2024.

Salah satu langkah antisipasi KPU Bantaeng adalah untuk menghindari kebocoran data. Sebagaimana yang pernah dialami oleh penyelenggara lain (KPU) di beberapa kabupaten/kota pada pemilu sebelumnya.

"Jumlah TPS di Bantaeng sebanyak 340 ditambah 1 TPS lokasi khusus di Rutan Bantaeng (Kecamatan Bantaeng), total 341 TPS. Jumlah DPT di delapan Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng sebanyak 154.905 pemilih," ujarnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru