Kartu Lansia Ibas-Puspa Sejalan Program Prabowo, Budiman Sebut Wajib Dipercepat

Tim Sindomakassar
Rabu, 23 Okt 2024 14:01
Kartu Lansia Ibas-Puspa Sejalan Program Prabowo, Budiman Sebut Wajib Dipercepat
Calon Bupati Luwu Timur, Ibas menyiapkan Kartu Lansia sebagai salah satu program andalannya. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU TIMUR - Program unggulan calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur 2025-20230, Irwan Bachri Syam dan Puspawati Husler (Ibas-Puspa) berupa Kartu Lansia, ternyata sejalan dengan program bantuan sosial (bansos) pemerintah pusat.

Hal itu menegaskan bahwa Kartu Lansia yang selama ini disampaikan Ibas-Puspa beserta para tim kampanyenya, bukan omong kosong belaka.

Sebagai informasi, Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bakal memperluas bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat kelas menengah bawah alias tidak mampu.

Salah satu yang difokuskan adalah kartu bansos buat lansia, program sosial yang menyasar warga lanjut usia.

Kabar ini disampaikan Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Budiman Sudjatmiko.

Budiman memastikan bantuan sosial yang diprogramkan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya bakal dilanjutkan oleh pemerintahan baru, Prabowo-Gibran.

Bansos ini sendiri termasuk program yang dijanjikan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 lalu.

Untuk membuktikan bahwa program Bansos ini bukan omong kosong belaka, Budiman mengaku Presiden Prabowo akan segera merealisasikannya, termasuk Kartu Lansia.

“InsyaAllah masih ada (bansos), itu adalah janji dari Kampanye Pak Prabowo dan Mas Gibran, akan dilanjutkan, bahkan ditambahkan kartu untuk lansia juga,” ujar Budiman di Istana Negara dikutip pada Rabu (23/10/2024).

Budiman menyebut, Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan segera tancap gas untuk melakukan sinkronisasi dan akurasi data penerima bansos, sehingga penyalurannya lebih tepat sasaran.

“Itu yang ditugaskan pada kami adalah mensinkronkan, mempercepat, mengakselerasi, dan mengakurasikan, mempercepat dan membuatnya lebih tepat,” paparnya.

Salah satu bansos yang dipertahankan Prabowo-Gibran adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Adapun BLT merupakan bantuan pemerintah dalam bentuk memberikan uang tunai atau bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

BLT sendiri bagian perlindungan sosial untuk menjaga dan melindungi warga miskin dari kerentanan.

“Jadi akan dilanjutkan, tapi ditambahi bukan sekedar tadi itu. Bukan sekedar BLT, tapi juga peningkatan akses dan aset non tunai, itu juga penting bagi orang miskin,” ucap Budiman.

Merespon pernyataan Budiman Sudjatmiko itu, Ketua Tim Pemenangan Ibas-Puspa, Herdinang semakin percaya diri program Kartu Lansia bisa terlaksana di Kabupaten Luwu Timur.

"Itu semakin menegaskan bahwa program Kartu Lansia yang selama ini kami tawarkan ke masyarakat bukan lip service atau omong kosong belaka," kata Herdinang, Rabu 23 Oktober 2024.

Menurutnya, Tim Ibas-Puspa sudah membuat perhitungan secara matang dan realistis sebelum Sehingga, Kartu Lutim Lansia akan saling melengkapi dengan program Prabowo-Gibran.

"Jadi, warga Luwu Timur tak usah ragu lagi untuk mencoblos Ibas-Puspa pada 27 November mendatang karena program kami jelas dan realistis," tegas Herdinang.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru