Kesbangpol Pinrang Akui Adanya Kesalahan Administrasi Terkait Penyaluran Dana Hibah

Darwiaty Dalle
Minggu, 26 Mar 2023 17:54
Kesbangpol Pinrang Akui Adanya Kesalahan Administrasi Terkait Penyaluran Dana Hibah
Bupati Pinrang Irwan Hamid saat menyoroti terkait kesemrawutan dana hibah di Kesbangpol. Foto: Istimewa
Comment
Share
PINRANG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pinrang, akhirnya mengakui telah terjadi kesalahan administrasi terkait penginputan data Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) penerima dana hibah, yang menyebabkan dana bantuan beberapa LSM tersalur hanya melalui satu rekening.

Kepala Kesbangpol Pinrang, Syahrir Pawittoi mengatakan, dari penelusuran yang dilakukan pihaknya, ditemukan adanya kesalahan penginputan oleh staf Kesbangpol.

"Kesalahan administrasi. Dan tentu tidak boleh dianggap biasa, karena itu fatal. Sudah kami tegur agar segera dilakukan perbaikan," jelasnya.

Dana hibah peruntukan tiga lembaga swadaya yang ditransfer secara gelondongan dalam satu rekening, Syahrir menyebutkan kekeliruan juga terjadi di pihak perbankan. "Mestinya dana tidak ditransfer ke rekening tersebut, karena sudah jelas data antara penerima dengan rekening berbeda," ujarnya.

Namun, tambah Syahrir, pihaknya akan fokus pada perbaikan dan penataan tatakelola admistrasi di badan yang belum lama ini dipimpinnya.

"Penerima dana hibah akan kita buatkan MoU terkait dana yang diterimanya melalui rekening lembaga lain, untuk pertanggungjawaban pengelolaan dana tersebut. Dan kita berharap hal serupa tak lagi terulang," tandasnya.



Sekadar diketahui, pengelolaan dana hibah pada Kesbangpol Pinrang sempat menuai sorotan lantaran adanya penyaluran dana hibah untuk tiga lembaga berbeda, yang justru dicairkan hanya menggunakan satu nomor rekening.

Bupati Pinrang, Irwan Hamid bahkan turut bereaksi dan menilai hal tersebut janggal karena dianggap akan menimbulkan permasalahan untuk pertanggungjawabannya. "Harusnya tidak boleh. Ini menjadi perhatian kami, karena baru kali ini ada yang seperti itu," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru